Valentino Rossi dalam uji coba di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 19 Juni 2013.

Aragon, Spanyol - Valentino Rossi memang bukan yang tercepat dalam uji coba terbatas di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, dalam dua hari terakhir namun dia sangat girang karena yakin telah menemukan kembali feeling membalapnya.

Pembalap veteran itu juga mengatakan tak sabar lagi menunggu balapan selanjutnya di Assen, Belanda, karena telah memecahkan masalah saat pengereman.

“Kami mulai dengan sedikit memodifikasi setelan dan juga garpu depan, dan sekarang aku merasa lebih percaya diri dalam pengereman. Aku bisa mengerem lebih dalam dan menghentikan motornya dengan cara yang lebih baik. Bagiku, ini merupakan peningkatan terbesar,” kata Rossi, yang belum pernah naik podium lagi sejak seri pembuka di Qatar.

“Setelah itu kami mencoba lengan ayun seperti yang dimiliki Jorge (Lorenzo), sedikit lebih kaku seperti yang kusuka. Kami mencoba beberapa hal kecil lainnya; dan akhirnya kami mendapatkan paket yang benar-benar memberiku feeling yang bagus, terutama saat mengerem,” jelasnya.

“Aku sangat senang karena sampai hari ini (Rabu waktu setempat –red) aku tidak memiliki feeling seperti ini dalam pengereman, aku selalu mendapat sedikit masalah. Aku tak sabar menunggu balapan di Assen untuk mengetahui apa peningkatan ini juga berlaku di trek yang lain.”

“Hal seperti ini penting dalam putaran kualifikasi karena anda harus lebih memaksa diri ketika mengerem,” tambahnya.

“Hasil ini juga penting khususnya di Aragon karena sirkuit ini bukan trek yang terbaik bagiku. Aku belum melakukan balapan hebat di sini, namun akselerasi hari ini dan catatan waktu putaran membuatku sangat senang.”

Kita tunggu saja apakah pendapat Rossi ini terbukti di Belanda akhir bulan ini.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Crash.net