Rossi Khawatir Peristiwa Jerez Terulang di Catalunya i

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi.

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 11 Juni 2017 | 03:35 WIB

Barcelona - Valentino Rossi mengakui peluangnya untuk finis podium di Sirkuit Catalunya sangat berat, dan menyebutkan balapan berpotensi menyulitkan dirinya seperti ketika di Jerez.

Pembalap Movistar Yamaha itu akan memulai dari posisi start ke-13 setelah gagal menembus babak kedua kualifikasi (Q2) Sabtu (10/6), dan menghadapi dilema besar dalam pemilihan ban nanti.

Di Jerez bulan lalu, Rossi hanya finis ke-10 setelah ban dia aus dengan cepat dan kehilangan daya cengkeram memasuki paruh kedua balapan.

Di Catalunya, dia sebetulnya cukup kompetitif waktu free practice ke-4 dengan ban belakang medium dan menempati urutan kelima, namun untuk jarak tempuh balapan ban ini tidak akan punya grip setelah enam putaran di Catalunya. Sementara dengan ban hard, dia akan sangat lambat di putaran-putaran awal dan itu bencana baginya mengingat posisi start dia.

"Ban belakang medium lumayan untuk enam putaran, namun masalahnya balapan akan digelar sebanyak 25 putaran. Dengan ban hard, saya tidak pernah bisa bagus. Jadi pilihannya adalah menggeber di lima pputaran, lalu melambat, atau tampil lambat di sepanjang balapan. Kami harus memutuskan," kata Rossi.

"Kalau cuaca panas besok, akan lebih sulit. Seperti halnya di Jerez, pagi hari agak lebih mudah. Siangnya ketika temperatur trek mencapai 50 derajat (Celsius) menjadi jauh lebih sulit."

Kurangnya grip menjadi masalah besar bagi semua pembalap di Sirkuit Catalunya, ulasnya.

"Banyak yang jatuh akhir pekan ini karena daya cengkeram aspal sangat rendah terutama dibandingkan kemarin," kata Rossi.

"Motornya juga sangat sulit dikendarai, karena kalau Anda melambat semuanya menjadi tidak alamiah. Setiap kali masuk tikungan rasanya sudah sangat dekat ke limit."

Ulasan Rossi tentang kinerja ban memang ada dasarnya, karena statistik menunjukkan dia langsung melambat setelah enam putaran. Berikut data catatan waktunya dari free practice keempat (ban depan hard, belakang medium):

Putaran 1: 1 m 47,008 detik
Putaran 2: 1 m 46,089 detik
Putaran 3: 1 m 46,443 detik
Putaran 4: 1 m 46,340 detik
Putaran 5: 1 m 46,372 detik
Putaran 6: 1 m 47,115 detik
Putaran 7: 1 m 48,359 detik

 




Sumber: Crash.net
ARTIKEL TERKAIT