Jatuh 4 Kali dalam 1 Hari, ini Komentar Marquez

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez terjatuh di babak kualifikasi GP Catalunya, Spanyol, 10 Juni 2017. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 11 Juni 2017 | 04:26 WIB

Barcelona - Sabtu (10/6) kemarin benar-benar hari yang penuh drama bagi juara dunia Marc Marquez, yang terjatuh empat kali saat beraksi di depan pendukungnya sendiri di Catalunya.

Dia dua kali terkapar di sesi latihan, dan dua lagi dalam babak kualifikasi yang hanya berlangsung 15 menit. Beruntung dia tidak cedera sedikitpun, dan tetap mampu menempati posisi start keempat.

"Tentu Anda akan sedikit kehilangan rasa percaya diri, namun seperti Anda lihat: saya jatuh, bangkit dan menggeber lagi hingga limit, jatuh lagi namun juga bangkit dan menggeber lagi. Dan besok (balapan Minggu) saya akan kembali menggeber," kata Marquez.

"Hari ini saya mengambil banyak risiko dan terjatuh beberapa kali. Namun jujur saja, saya lebih suka jatuh empat kali namun merebut posisi empat daripada tanpa jatuh dan hanya menempati urutan 10. Ini juga bagus karena besok saya bisa lebih sabar."

Semua kecelakaan hari itu terjadi akibat dia kehilangan kendali ban depan motor Honda RC213V.

"Ban depan selalu lebih riskan (daripada ban belakang). Hari ini, khususnya di siang hari, kondisi trek sangat riskan," kata pembalap Repsol Honda itu.

"Pada pagi hari saya sudah memakai ban hard, karena tipe lainnya terlalu empuk, dan siangnya dengan suhu meningkat 20 derajat saya memakai ban sama karena tidak ada pilihan lain. Inilah alasannya saya kesulitan dengan ban depan, namun semua orang sama, bukan cuma saya."

"Ini memang sirkuit yang sangat sulit dan besok tampaknya akan sangat panas jadi kami perlu menemukan akselerasi dan batasan kami, berusaha menyelesaikan balapan sebaik mungkin."

Marquez mengaku tetap optimistis untuk balapan hari Minggu terlepas dari drama di hari Sabtu.

"Saya tetap merasa kami bisa bertarung merebut hasil podium dan lihat saja nanti apa saya bisa menang," ujarnya.

Pesaing terberat di Catalunya menurut Marquez tak lain adalah rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang menempati pole position.

"Sepertinya orang yang bisa menjaga (ban) paling bagus adalah Dani," kata Marquez.

"Dia sangat ringan dan gaya membalapnya sangat mulus. Jadi besok harus dipahami apakah dia juga akan lebih kencang seperti di Jerez, sehingga saya perlu finis kedua. Namun kalau saya bisa, saya akan bertarung dengannya."




Sumber: Crash.net
ARTIKEL TERKAIT