Menang di Catalunya, Dovi Ukir Sejarah dalam Kariernya i

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 11 Juni 2017 | 20:05 WIB

Barcelona - Andrea Dovizioso secara mengejutkan mampu menjuarai Grand Prix Catalunya dari posisi start ketujuh, Minggu (11/6), dan untuk pertama kalinya bisa menang dua kali secara beruntun setelah sukses di Grand Prix Italia pekan lalu.

Kemenangannya yang keempat di kelas MotoGP ini juga membuat si pembalap Ducati mampu memangkas jarak secara signifikan dari pemuncak klasemen Maverick Vinales menjadi hanya 7 poin dari sebelumnya 26 poin. Vinales hanya finis ke-10 di balapan kandangnya ini.

Bagi Ducati, ini juga untuk pertama kalinya bisa menang dua kali beruntun sejak musim 2010.

Duo Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa--penguasa pole position--berturut-turut menempati podium kedua dan ketiga. Pedrosa sempat memimpin sejak putaran keenam sampai akhirnya disalip Dovi di trek lurus di putaran ke-17.

Satu putaran berikutnya, giliran Marquez yang mengungguli Pedrosa dan posisi tiga besar ini tidak berubah sampai balapan sebanyak 25 putaran tersebut dituntaskan.

Penunggang Ducati lainnya, Jorge Lorenzo, mengalami balapan naik turun di sirkuit kandangnya ini. Dia memimpin balapan hingga lima putaran namun kemudian disalip tiga pembalap sekaligus di putaran keenam.

Posisi Lorenzo makin turun hingga urutan ke-10 akibat berkurangnya daya cengkeram ban, namun masuk paruh kedua balapan Lorenzo kembali mendapatkan akselerasi dan menyalip satu per satu pembalap di depannya untuk finis keempat.

Pasangan Tech 3 Yamaha saling bertempur di putaran terakhir dan akhinya Johann Zarco menaklukkan Jonas Folger untuk merebut posisi kelima.

Pembalap Pramac Racing Danilo Petrucci bernasib sial saat dalam tekanan dua pembalap satelit Yamaha itu, terjatuh sendiri di putaran terakhir saat berada tepat di depan dua lawannya. Petrucci, yang finis ketiga di Mugello, juga diinvestigasi panitia karena tampak jelas menabrak Marquez saat start dilakukan.

Pembalap Aspar Team Alvaro Bautista finis ketujuh di depan veteran Movistar Yamaha Valentino Rossi, sementara pembalap Avintia Racing Hector Barbera menyalip Vinales di putaran terakhir untuk finis kesembilan.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT