Dovi: Aneh, Saya Bahkan Belum 100%

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 11 Juni 2017 | 21:27 WIB

Barcelona - Dalam satu pekan, Andrea Dovizioso bisa menang dua kali termasuk di Grand Prix Catalunya, Minggu (11/6). Pembalap Ducati itu mengaku heran bisa mengungguli pasangan Repsol Honda di kandang lawannya karena dia bahkan belum tampil 100%.

"Kondisi trek tidak terlalu bagus dan ban belakang tergerus dengan cepat. Semua orang tidak bisa menggeber motornya secara maksimal karena mereka harus menghemat ban," kata Dovi, panggilan akrabnya, dalam jumpa pers pasca-balapan.

"Saya berada dalam situasi yang bagus sejak putaran pertama, bisa menyalip beberapa pembalap dan kemudian tepat di belakang Dani (Pedrosa)," tambah Dovi, yang start dari posisi ketujuh.

Menurutnya, Pedrosa membalap dengan taktis seperti dirinya untuk menghemat umur ban khususnya di belakang.

"Namun kalau untuk ban depan saya bisa menghemat lebih baik karena akselerasi saya juga lebih baik dan saya tidak pernah mengerem dengan keras," jelas Dovi.

"Pada 10 putaran terakhir saya berusaha menggeber habis namun setelah berada di depan saya sadar ban belakang sudah tamat, namun tampaknya mereka juga," kata Dovi yang bicara di tengah Pedrosa dan Marc Marquez.

"Jadi itu sudah cukup untuk menjaga jarak dan mempertahankan waktu putaran. Perasaan saya aneh karena saya bahkan belum menggeber hingga 100%. Hal seperti ini tidak pernah saya alami."

Dalam balapan itu Dovi unggul 3 detik lebih atas Marquez, dan bahkan sempat melambaikan tangan ke kelompok pendukungnya di pinggir sirkuit beberapa tikungan menjelang finis.

Peluang Juara Dunia
Dovi, yang baru menang empat grand prix sepanjang karirnya di MotoGP, mengatakan dia tidak terlalu memikirkan peluangnya menjadi juara dunia musim ini, meskipun sekarang hanya terpaut tujuh poin dari puncak klasemen.

"Saya sangat rileks soal posisi di klasemen, rileks saja dengan situasi yang sekarang karena saya mulai merasa memahami motornya," kata Dovi.

"Saya sangat paham sisi positif dan negatif motor ini, cukup mudah mengeluarkan potensinya dan mendapat hasil maksimal darinya."

"Jadi yang kami perlukan adalah meningkatkan kinerja motor ini agar bisa kompetitif di setiap akhir pekan."

ARTIKEL TERKAIT