Marquez Raih Pole ke-8 Tanpa Putus di Sachsenring

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Sabtu, 1 Juli 2017 | 20:40 WIB

Sachsenring - Marc Marquez melanjutkan dominasinya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, dengan kembali merebut pole position untuk kedelapan kalinya di tempat yang sama secara beruntun dalam babak kualifikasi, Sabtu (1/7). Rekor itu termasuk lima musim terakhir di kelas MotoGP bersama Repsol Honda.

Sebagai catatan, tujuh pole position sebelumnya semua bisa dia tuntaskan dengan berdiri di puncak podium usai balapan.

Babak kualifikasi berlangsung di trek basah akibat hujan sebelumnya, dan muncul kejutan ketika pembalap Pramac Ducati Danilo Petrucci sempat menempati urutan teratas.

Dua menit menjelang usainya babak kualifikasi, barulah Marquez mampu mencuri pole dengan waktu 1 menit 27,302 detik, atau unggul 0,160 detik atas Petrucci di posisi kedua.

Sesama pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, mengamankan posisi terakhir di baris terdepan untuk semakin menegaskan keunggulan Honda, yang telah menyapu bersih kemenangan dalam tujuh musim sebelumnya di Sachsenring. Pedrosa terpaut cukup jauh 0,647 detik dari pole.

Cal Crutchlow membawa LCR Honda ke posisi start keempat, disusul pembalap tuan rumah Jonas Folger di atas motor Tech 3 Yamaha. Posisi enam ditempati pembalap Ducati Jorge Lorenzo.

Dua bersaudara Pol Espargaro (Red Bull KTM) dan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) berturut-turut menempati posisi start tujuh dan delapan, mengungguli pembalap veteran Movistar Yamaha Valentino Rossi di posisi sembilan.

Pemuncak klasemen Andrea Dovizioso tidak mampu meningkatkan catatan waktunya dan hanya menempati urutan 10.

Maverick Vinales lagi-lagi menunjukkan bahwa dia tidak mampu maksimal dalam kondisi basah. Meskipun mampu mengimbangi Marquez di sesi free practice ketiga, kinerjanya menurun drastis saat kualifikasi di trek basah dan pembalap Movistar Yamaha itu akhirnya harus menempati urutan 11.

Dalam babak penentuan itu, dia dan Marquez bersenggolan fairing yang membuatnya geleng-geleng kepala, dan mereka berdua sempat bicara di trek saat melakukan latihan start.

Pembalap Aspar Alvaro Bautista menggenapi posisi terakhir baris keempat atau urutan ke-12.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT