Insiden dengan Marquez, Vinales Siap Balas

Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 2 Juli 2017 | 02:12 WIB

Sachsenring - Setelah insiden senggolan dengan Marc Marquez di babak kualifikasi Grand Prix Jerman, Sabtu (1/7), Maverick Vinales mengaku tidak akan ragu membalas suatu saat nanti.

Dalam insiden tersebut, Vinales menyalip si pembalap Repsol Honda di tikungan kedua, namun kemudian melebar. Di tikungan berikutnya, giliran Marquez menyalipnya dari sisi dalam namun tak dinyana Vinales telah kembali ke racing line dia sehingga motor mereka berdua bersenggolan. Beruntung tidak ada yang jatuh.

"Saya akan mengingat ini. Jika saya harus melakukannya nanti, saya tidak akan berpikir lagi, akan saya lakukan," kata Vinales, yang akhirnya hanya menempati urutan 11 sementara Marquez meraih pole position.

Menurutnya, Marquez sengaja menyebabkan insiden tersebut.

"Marc mengerem di tengah tikungan satu dan (dua tikungan kemudian) dia menyenggol motor saya. Sulit kalau tidak melakukan itu secara sengaja. Kejadian itu diperhitungkan sebelumnya, namun saya akan mengingatnya dan kalau saya yang harus melakukan (hal yang sama), akan saya lakukan," kata pembalap Movistar Yamaha itu.

"Bagi saya sudah jelas di mana batasannya mulai sekarang ini. Ketika keluar dari tikungan kedua, Marc ingin mengerem bersamaan dengan motor saya, bukan untuk melibas tikungan."

Dalam kondisi kering, seperti pada free practice ketiga, Vinales sebetulnya sangat kompetitif karena mampu menempati urutan kedua. Namun ketika kualifikasi digelar di trek basah, dia menjadi tidak berdaya.

“Dalam kondisi basah kami sangat kesulitan. Saya tidak tahu kenapa," ujarnya.

“Kalau kami menyentuh gas, kami banyak kehilangan tenaga. Khususnya untuk mencapai 0 ke 100 (km per jam) motor kami sangat pelan. Ini aneh, karena dalam kondisi kering betul-betul bertolak belakang."

"Saya penasaran besok. Jika balapan dalam kondisi kering, kami punya potensi besar."




Sumber: Crash.net
ARTIKEL TERKAIT