Juara di Jerman, Marquez Rebut Puncak Klasemen

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 2 Juli 2017 | 20:18 WIB

Sachsenring - Marc Marquez melanjutkan dominasinya di Jerman dengan meraih kemenangan ke-8 secara beruntun di Sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7), dan membuatnya menguasai puncak klasemen untuk pertama kali musim ini.

Lima dari delapan kemenangan tersebut diraihnya di kelas MotoGP bersama Repsol Honda.

Pembalap tuan rumah Jonas Folger menjadi satu-satunya pembalap yang bisa mengimbangi laju Marquez. Pembalap Tech 3 Yamaha itu bahkan bisa memimpin balapan di putaran keenam, sebelum kembali disalip Marquez sembilan putaran kemudian.

Data menunjukkan bahwa rookie MotoGP itu sebetulnya lebih kencang dari Marquez, namun beberapa kali kesalahan yang dia lakukan membuatnya melebar, dan empat putaran menuju finis dia mengendurkan serangan.

Betapapun, Folger bisa merayakan posisi runner-up yang merupakan hasil podium pertamanya di kelas MotoGP, dan diraihnya di negara sendiri.

Dani Pedrosa melengkapi double podium untuk Repsol Honda dengan finis ketiga nyaris sendirian, jauh dari pembalap di depan dan belakangya.

Pertempuran seru justru terjadi dalam perebutan juara keempat antara duo Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi serta pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Tiga pembalap tersebut saling salip memasuki paruh kedua balapan. Akhirnya Vinales mampu memenangi pertempuran itu sementara Rossi finis kelima.

Dengan hasil ini, Vinales naik ke posisi dua klasemen, terpaut lima poin dari Marquez.

Dovi harus kehilangan posisi puncak klasemen karena kinerjanya kian menurun dan disalip oleh Alvaro Bautista (Aspar Ducati) dan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) menuju finis, sehingga menyelesaikan balapan hanya di urutan delapan.

Pembalap Tech 3 Johann Zarco naik 10 posisi dari start yang dia lakukan untuk finis kesembilan, setelah mengatasi tiga pembalap senior Cal Crutchlow (CR Honda), Jorge Lorenzo (Ducati) dan Danilo Petrucci (Pramac Ducati).

Lorenzo sempat berada di posisi tiga besar namun perjudiannya untuk memakai ban lunak menjadi bumerang karena kecepatannya menurun drastis di paruh kedua balapan, dan hanya finis di posisi 11. Demikian juga Petrucci yang awalnya berada di rombongan terdepan, akhirnya finis ke-12.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT