Dovi Terkencang dengan Fairing Baru di Austria

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 04:38 WIB

Spielberg - Andrea Dovizioso akhirnya bersedia memakai rancangan penutup bodi motor atau fairing baru Ducati dan langsung menjadi yang paling kencang di hari pertama sesi latihan bebas Grand Prix Austria, Jumat (11/8) waktu setempat.

Pada Grand Prix Cheska akhir pekan kemarin, Dovi menolak memakai fairing ini dan membiakan rekannya Jorge Lorenzo untuk menggunakan dari sesi latihan hingga balapan. Setelah melihat data Lorenzo dan hasil tes pasca-balapan di Brno, Dovi pun memutuskan menggunakan fairing baru di ajang resmi Austria.

Tampaknya, Dovi puas dengan kinerja fairing pengganti winglets ini.

"Kami yakin pada fairing ini setelah pengalaman di Brno, setelah balapan yang dijalani Jorge, dan setelah tes yang kami lakukan," kata Dovi.

"Jadi kami memutuskan untuk memakainya juga dan fokus meningkatkan kinerja motor. Hari ini di sesi latihan motornya meningkat dan catatan waktunya memadai, jadi kami putuskan tetap memasangnya."

Meskipun para kompetitor juga mengembangkan komponen aerodinamika mereka sendiri, Dovi meyakini bahwa milik Ducati adalah yang terbaik.

Sebelumnya Ducati menggunakan rancangan winglets untuk mendapatkan atau gaya tekan ke bawah yang membuat motor lebih stabil dan lengket ke aspal, namun mulai musim ini winglets dilarang demi alasan keselamatan.

Fairing terbaru Ducati ini sebetulnya masih mirip winglets yang menonjol keluar, namun secara teknis tidak melanggar aturan karena menjadi satu kesatuan fairing -- bukan komponen tambahan -- dengan ukuran panjang lebar yang memenuhi batas aman.

“Soal winglets, sudah cukup jelas bahwa kami punya keunggulan tahun lalu. Winglets kami tidak lebih baik namun bisa mendapatkan downforce lebih besar dibandingkan milik para kompetitor, dengan perbedaan besar," klaim Dovi.

“Tahun ini aturan sudah berubah dan semua menggarap masalah ini, dan saya yakin hari ini kami masih lebih kompetitif dibandingkan motor-motor lain (terkait aerodinamika)."




Sumber: Crash.net
ARTIKEL TERKAIT