Berkat Aksi Putaran Terakhir, Marquez Juara di Misano

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez juara di Grand Prix San Marino, 10 September 2017. (Honda Racing Corporation)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 10 September 2017 | 20:35 WIB

Misano - Marc Marquez secara luar biasa menjuarai balapan basah di Sirkuit Misano setelah mampu menyalip Danilo Petrucci di putaran terakhir, sekaligus merebut puncak klasemen meskipun berbagi nilai sama dengan Andrea Dovizioso, Minggu (10/9).

Pembalap Repsol Honda itu secara konsisten berada di tiga besar sepanjang balapan yang berlangsung sebanyak 28 putaran, dan dengan sabar menguntit si pembalap Pramac Ducati yang mengincar kemenangan pertama sepanjang karirnya.

Di awal lintasan lurus putaran terakhir, Marquez menekan habis lawannya dan mampu memimpin untuk pertama kalinya dalam balapan tersebut, dan mempertahankannya hingga bendera finis dikibarkan.

"Di putaran terakhir saya berpikir 'saya akan mengejarnya.' Lima poin bisa membuat perbedaan besar. Kemenangan ini sangat penting," kata Marquez usai balapan.

Pembalap Ducati Dovizioso finis ketiga dan tak mampu menempel dua pembalap di depannya pada beberapa putaran terakhir karena kehilangan akselerasi. Namun demikian, ini untuk pertama kali dia bisa finis podium di Grand Prix San Marino, Italia.

Dia dan Marquez berbagi angka sama 199, dan mereka juga telah mengoleksi empat trofi kemenangan musim ini. Marquez berhak di puncak klasemen karena lebih banyak mengumpulkan hasil podium.

Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales yang memulai dari pole position kembali menunjukkan balapan basah bukan spesialisasinya, dan hanya bisa finis keempat. Itu pun setelah sejumlah pembalap di depannya terjatuh, termasuk pembalap Ducati Jorge Lorenzo yang memimpin di delapan putaran awal sebelum tersungkur ke gravel.

Posisi kelima direbut pembalap uji Ducati Michele Pirro yang mengikuti balapan dengan fasilitas wildcard. Pembalap Marc VDS Jack Miller menuntaskan balapan di posisi keenam setelah sebelumnya sempat mengancam Vinales namun kemudian tak mampu meningkatkan kecepatan.

Satu lagi motor Ducati yang ditunggangi pembalap Pramac, Scott Redding, merebut posisi ketujuh, disusul pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins.

Pembalap Tech 3 Yamaha Jonas Folger finis di urutan sembilan, sementara aksi heroik ditunjukkan rekan setimnya Johann Zarco yang terjatuh di putaran terakhir lalu berlari menuntun motornya ke garis finis. Pembalap Prancis itu akhirnya mampu finis di urutan 15 dan merebut poin terakhir dalam balapan.

Di belakang Folger berturut-turut duo pembalap KTM Red Bull Bradley Smith dan Pol Espargaro, pembalap Aspar Ducati Alvaro Bautista, pembalap LCR Honda Cal Crutchlow yang sempat terjatuh dalam balapan, dan pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT