Petrucci: Kalau Mengalah, Tak Elok Buat MotoGP

Dari kiri: Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, Marc Marquez. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Senin, 11 September 2017 | 15:34 WIB

Misano – Danilo Petrucci mengakui sempat mempertimbangkan untuk memberikan tempatnya kepada sesama penunggang Ducati Andrea Dovizioso di putaran terakhir Grand Prix San Marino, Minggu (10/9), namun kemudian dia memutuskan tindakan seperti itu tidak elok untuk MotoGP.

Petrucci, yang membela tim Pramac dengan spesifikasi motor Desmosedici GP17 seperti Dovi di tim utama, memimpin di sebagian besar lomba yang berlangsung dalam kondisi basah di Sirkuit Misano, namun kemudian disalip Marc Marquez di putaran terakhir.

Dia akhirnya finis kedua di antara Marquez dan Dovizioso, yang bertarung melawan si pembalap Honda untuk gelar juara dunia 2017.

Kamis pekan lalu Petrucci mengatakan siap membantu Dovi jika diminta, sehingga dia mendapat pertanyaan tersebut pasca-balapan.

“Saya harus jujur, bahwa saya memang sempat memikirkannya. Saya berharap Andrea cukup dekat,” ujarnya.

“Namun saya kira Andrea masih bisa bertarung merebut titel bahkan tanpa bantuan dari saya saat ini. Saya akan lebih suka untuk bisa memainkan peran lebih penting baginya di balapan-balapan ke depan.”

Ketika Marquez menyalip Petrucci, Dovizioso memang cukup jauh di posisi ketiga dan finis terpaut 10 detik dari pemenang.

Petrucci mengakui dia masih berambisi membalas Marquez di putaran terakhir itu, dan juga mengisyaratkan kalau dia terlalu melambat untuk memberi jalan bagi Dovizioso, kesannya akan sangat buruk.

“Saya masih memikirkan itu, namun saya berusaha sampai sektor ketiga di trek untuk menyalip Marc,” ujarnya.

“Saya mengamatinya, dia mengambil banyak risiko, dan saya membatin ‘oke, mungkin dia akan melebar di tikungan dan saya akan berusaha masuk’. Namun dia tidak melakukan kesalahan.”

“Citranya tidak akan bagus bagi kejuaraan ini kalau mengalah di putaran terakhir. Kami semua bertarung demi sesuatu di sini,” ujar Petrucci, yang membalap di kandangnya sendiri.

“Kamis lalu saya mengatakan ingin membantu Dovi memenangi kejuaraan. Namun kalau saya membiarkan dia menyalip di putaran terakhir, saya tidak tahu apakah ini akan bagus bagi kejuaraan.”

Dovi Tak Masalah
Bagi Dovizioso, hasil balapan ini membuatnya berbagi angka sama dengan Marquez, namun dia menegaskan tidak ada masalah apapun bahwa Petrucci finis di depannya.

“Saya kira dia mengambil keputusan yang tepat,” kata Dovizioso. “Dia menjalani balapan yang hebat dan senang bisa melihatnya di atas podium kedua.”




Sumber: berita-beritamotogp.com
ARTIKEL TERKAIT