Pesan Pedrosa di Indonesia: Kalau Ngebut di Sirkuit

Marquez datang bersama rekan setimnya, Dani Pedrosa berfoto bersama para pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang mengikuti program perayaan kelulusan Michelin Safety Academy (MSA) 2017 yang diadakan di hotel Santika Premiere, ICE BSD City, Tangerang Selatan, 17 Oktober 2017. (BeritaSatu Photo/Fatima Bona)

Oleh: Maria Fatima Bona / HA | Selasa, 17 Oktober 2017 | 23:26 WIB

Tangerang - Duo Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa hadir di Indonesia, Selasa (18/10), untuk menyapa penggemar mereka dan mempromosikan keselamatan berkendara.

Keduanya memberikan masukan kepada para pelajar sekolah menengah atas (SMA) yang mengikuti program perayaan kelulusan Michelin Safety Academy (MSA) 2017 yang diadakan di hotel Santika Premiere, ICE BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (17/10).

Marquez mengatakan dalam mengendarai sepeda motor harus menjaga keselamatan diri dan orang lain. Salah satunya harus mengunakan helm sebagai pelindung ketika berkendara di jalan raya.

Pemakaian helm merupakan salah satu dari 10 Golden Rules atau aturan pokok berkendara.

“Pelindung sangat penting saat berkendara. Saya berharap agar generasi muda di Indonesia mengedepankan keselamatan saat berkendara,” kata Marquez.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Pedrosa. Ia berpesan agar kaum muda Indonesia menghindari kebut-kebutan di jalan raya. Pasalnya, kondisi jalan raya yang dipakai banyak pengguna jalan berbeda dengan keadaan di sirkuit yang memang dirancang untuk kecepatan tinggi.

"Para rider ketika berlaga di MotoGP dilengkapi oleh safety gear untuk menjaga keselamatan," kata Pedrosa.

Juara dunia MotoGP Marquez merupakan salah satu duta Federasi Balap Motor Internasional (FIA) dalam mengkampanyekan kesadaran aman berkendara dengan mengikuti 10 Golden Rules, yaitu:

1. memakai sabuk pengaman untuk mobil; 2. mematuhi peraturan lalu lintas; 3. mematuhi batas kecepatan; 4. memeriksa ban; 5. memperhatikan kebugaran; 6. melindungi anak-anak di jok belakang; 7. selalu siaga saat mengemudi; 8. berhenti saat merasa lelah; 9. memakai helm saat bermotor dan bersepeda; dan 10. berperilaku santun di jalan.

Sementara itu, Presiden Direktur Michelin Indonesia, Fredrick Fritz Mueller mengharapkan, kehadiran Marquez dan Pedrosa dapat menginspirasi para pelajar Indonesia untuk menjadi pengendara bertanggung jawab dan selalu waspada serta mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT