Dovi Menang, Perebutan Titel Ditentukan di Valencia

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso. (MotoGP.com)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Minggu, 29 Oktober 2017 | 15:28 WIB

Sepang - Andrea Dovizioso berhasil menjuarai balapan basah di Sirkuit Sepang Malaysia, sementara pemimpin klasemen Marc Marquez finis keempat, Minggu (29/10), sehingga penetuan gelar juara dunia musim 2017 harus ditunda hingga seri pamungkas di Valencia.

Marquez memulai balapan dengan keunggulan telak 33 balapan, namun sekarang terpangkas menjadi 21 poin. Posisi ini masih cukup aman karena pada balapan pamungkas bulan depan si pembalap Ducati harus menang untuk menjadi juara dunia, namun dengan syarat Marquez gagal mendapat poin.

Marquez yang memulai dari urutan tujuh sempat melesat untuk memimpin balapan di putaran pertama, namun kemudian dia disalip pembalap Tech 3 Yamaha Johann Zarco dan pembalap Ducati Jorge Lorenzo. Setelah itu dia terlibat pertarungan jarak dekat dengan Dovi, yang sebelumnya mampu mengatasi halangan Dani Pedrosa.

Empat pembalap terdepan itu kemudian jauh meninggalkan rombongan di belakang mereka. Lorenzo akhirnya memimpin balapan pada putaran kesembilan dengan menyalip Zarco, dan tak lama kemudian Dovi menyusul di belakangnya.

Dovi harus memenangi balapan ini untuk menjaga peluangnya sehingga komentator MotoGP Nick Harris dan Matthew Birt menduga tak lama lagi akan muncul instruki team order dari Ducati, meminta agar Lorenzo mengalah.

Ternyata hal itu tak diperlukan. Pada empat putaran menjelang finis, motor Lorenzo sempat goyah ketika menikung dan dia hampir terjatuh. Dia pun melebar dalam upayanya bertahan di atas motor dan pada trek lurus berikutnya Dovi mendapat momentum untuk menyalip. Posisi ini bertahan hingga finis dan memastikan juara satu-dua untuk tim Italia tersebut.

Di pihak lain, Marquez yang sebenarnya lebih kencang dari Zarco akhirnya mengendurkan tekanan setelah dia sendiri mengalami momen berisiko yang hampir membuatnya jatuh, sehingga harus puas finis keempat, disusul sesama pembalap Repsol Honda Pedrosa.

Pembalap Pramac Ducati Danilo Petrucci lagi-lagi menunjukkan kepiwaiannya dalam kondisi hujan. Start dari posisi 23, dia mampu menyalip banyak pembalap untuk finis keenam.

Penghujung musim ini menyisakan tugas berat bagi Yamaha yang makin tertinggal dari Ducati dan Honda apalagi dalam kondisi hujan. Pembalap veteran Valentino Rossi hanya finis ketujuh, sementara rekannya Maverick Vinales di urutan sembilan. Di antara mereka terdapat pembalap Marc VDS Jack Miller.

Sebagai perbandingan, di lima seri pembuka musim ini para pembalap Yamaha bergantian memimpin klasemen.

Pol Espargaro membawa tim Red Bull KTM finis kesepuluh.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT