Jorge Lorenzo (Yamaha)
Diuntungkan oleh kecelakaan yang menimpa Pedrosa.

Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo merebut title juara dunia MotoGP yang kedua kali dalam karirnya setelah merebut posisi dua di Grand Prix Australia hari ini, diuntungkan oleh nasib sial yang dialami satu-satunya rival dari tim Honda, Dani Pedrosa, yang terjatuh saat tengah memimpin lomba.

Perolehan poin yang didapat Lorenzo tidak mungkin terkejar lagi oleh Pedrosa dengan hanya satu seri tersisa di Valencia nanti.

Pembalap 25 tahun itu tampil agresif sejak start dan langsung dikeroyok duo Honda, Pedrosa dan Casey Stoner, di  putaran pertama.

Sempat merebut pimpinan dari pole sitter Stoner, Lorenzo hanya bisa bertahan beberapa tikungan sebelum Pedrosa juga mampu melewati Stoner dan dia sekaligus.

Kemudian giliran Stoner yang menyalip Lorenzo dan sepertinya tim Honda akan mampu membuat jalannya kompetisi berjalan hingga seri terakhir di Valencia nanti, sampai kemudian motor Pedrosa tergelincir dan dia terjatuh di putaran dua.

Stoner akhirnya keluar sebagai juara di Philip Island di balapan kandangnya itu.

Dengan tambahan 20 poin Lorenzo merebut juara dunia dengan meyakinkan, karena sebetulnya dia hanya butuh tambahan 3 angka di atas Pedrosa.

Meskipun hasil di Sirkuit Philip Island ini seperti memberi akhir yang mudah bagi Lorenzo, sebetulnya pembalap Spanyol itu harus berjuang keras sejak seri pertama dikeroyok dua pembalap papan atas tim Honda, yang sangat dominan dalam hal top speed.

Namun Lorenzo mampu tampil sangat konsisten untuk menjuarai enam seri dan hasil terburuknya adalah juara dua di luar kecelakaan yang menimpa di Grand Prix Belanda, dari 17 seri yang telah digelar hingga hari ini.

Pembalap 25 tahun itu juga tidak mendapatkan dukungan dari rekan setim Ben Spies yang sekalipun belum pernah meraih hasil podium hingga seri ke-17 dan bahkan tidak tampil di Australia akibat cedera.

Lorenzo akan membalap bersama pembalap veteran Valentino Rossi di Yamaha musim depan, sementara Spies pindah ke Pramac Ducati.

Berikut profil singkat Lorenzo:
Tempat/tanggal lahir: Palma, Spanyol/ 4 Mei 1987
Juara dunia: 250cc (2006 dan 2007), MotoGP (2010, 2012)
Juara Seri: 4 (125cc), 17 (250cc), 23 (MotoGP)
Podium: 9 (125cc), 29 (250cc), 60 (MotoGP)

Penulis: