Doni Tata Pradita (kanan) bersama juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo yang berkungjung ke Indonesia November 2012.
Tes berikutnya di Valencia dan Jerez dijadwalkan Januari 2013.

Pembalap Moto2 asal Indonesia Doni Tata Pradita harus menghentikan ujicoba bersama tim Gresini lebih awal dalam sesi di Almeria, Spanyol karena kornea matanya cedera akibat kemasukan benda.

Ujicoba ini dijadwalkan berlangsung tiga hari namun akibat cedera itu dia harus istirahat, meskipun dilaporkan oleh Crash.net dia membuat “kemajuan solid” dengan motornya.

Doni, yang akan berumur 22 tahun Februari nanti, ternyata sudah menjajal motornya pertama kali di Valencia usai seri penutup musim ini belum lama berselang.

Sebelum itu, belum ada satu pun pernyataan resmi tentang bergabungnya Doni di Federal Oil Gresini, dan tahu-tahu dia sudah terdaftar di entry list resmi yang dirilis penyelenggara balapan FIM untuk musim 2013, bersama pembalap lama tim tersebut Ratthapark Wilairot.

Untuk diketahui, Gresini adalah jajaran tim elit meski hanya berstatus satelit dan dulu pernah dibela Valentino Rossi di kelas 500cc. Gresini juga pelabuhan terakhir almarhum Marco Simoncelli di kelas MotoGP.

Musim ini Doni menggantikan Gino Rea, yang disebut-sebut akan pindah ke tim ESGP.

Doni dijadwalkan untuk melakukan tes berikutnya di Valencia dan Jerez, Spanyol, awal tahun depan.

Pada musim 2008, Doni juga berlaga di kelas 250cc di atas motor Yamaha namun waktu itu tampil kurang kompetitif dengan hanya merebut satu poin saja dan berada di urutan 28 klasemen akhir.

Selain dia, ada lagi stau pembalap Indonesia di Moto2 yaitu Rafid Topan Sucipto di tim QMMF.

Penulis: