Tito: Dinamika Politik Merembes ke Polri

Jenderal Tito Karnavian. (Antara)

Oleh: Farouk Arnaz / AB | Rabu, 9 Agustus 2017 | 13:47 WIB

Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, Rabu (9/8), berbicara soal kemungkinan dinamika politik pada 2018-2019 yang akan merembes ke internal Polri. Hal tersebut dinilai normal dan natural selama dapat dikelola dan tidak merugikan organisasi.

Hal itu dikatakannya dalam sambutan wisuda purnawirawan bagi para 44 jenderal Polri yang telah memasuki usia pensiun di PTIK.

"Kami paham, terutama 2018 -2019, dinamika politik akan tetap bergulir. Demokratisasi masih tetap berjalan dan belum lagi pada tantangan kompetisi global," kata Tito.

Pada masa tersebut, peran dan tugas Polri menjadi semakin mengemuka. Di sisi lain, harapan publik juga menjadi sangat tinggi kepada Polri.

"Ini membutuhkan soliditas internal di kalangan Polri. Dinamika di dalam Polri ada, pasti politik di dalam Polri. Maaf, ini saya menyampaikan kata-kata politik di dalam polisi yang mungkin kadang-kadang kurang ditangkap," sambungnya.

Politik yang dimaksud Tito adalah berebut kekuasaan di internal dan bukan dalam arti polisi ikut dalam politik praktis, karena polisi harus netral.

"Politik itu terjadi di setiap organisasi, karena tarik-menarik kekuasaan dan bagaimana mendapatkan kekuasaan dan kekuasaan itu memengaruhi yang lain," katanya. 

Politik akan terjadi di dalam organisasi apa pun. Tarik-menarik akan terjadi di intitusi pemerintah maupun swasta, apalagi organisasi sebesar Polri yang bahkan lebih besar dari Brunei atau negara-negara di Pasifik.

"Dalam dinamika internal terjadi juga tarik-menarik kekuasaan, kepentingan. Tetapi itu normal dan natural selama dapat dikelola dan tidak merugikan organisasi, maka itu justru menjadi kekuatan pengawasan internal," lanjutnya.

Pengawasan internal yang dimaksud Tito, misalnya jika ada anggota polisi mau berbuat belok, maka dia akan dihantam oleh yang lain. Dengan demikian akan terjadi pengawasan di internal Polri.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT