Jokowi: Mulai 2018 Tunjangan Veteran Naik 25%

Veteran. (Antara)

Oleh: Carlos KY Paath / WBP | Kamis, 19 Oktober 2017 | 22:58 WIB

Jakarta –Pemerintah akan menaikkan tunjangan bagi para veteran sebesar 25 persen mulali tahun 2018. Sebelumnya pada tahun 2014 lalu, tunjangan veteran juga naik 14 persen. 

“Tadi pagi saya sudah rapat dengan Menteri Keuangan, maka mulai Januari 2018, tunjangan veteran akan kami naikkan sebesar 25 persen,” ungkap Presiden yang disambut antusias anggota LVRI yang hadir saat menutup Kongres ke-11 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Jakarta, Kamis (19/10).

Menurut Presiden, pemerintah juga tak berhenti melakukan perbaikan rumah tinggal para veteran. Terdapat sebanyak 765 rumah yang diperbaiki. Masih ada sekitar 585 rumah yang nantinya diproses lebih lanjut.

Di sisi lain, Jokowi mengatakan, pemerintah terus bekerja keras mengamalkan Pancasila sebagai ideologi negara. Perjuangan para veteran pejuang kemerdekaan senantiasa dilanjutkan untuk menjadikan Indonesia negara besar, kuat dan disegani negara lain. “Perjuangan para veteran dan pejuang bangsa selalu ada dalam jiwa dan pikiran kita semua, termasuk saya. Perjuangan para veteran sungguh menjadi sumber semangat dalam memajukan bangsa dan negara kita Indonesia,” tegas Presiden.

Menurut Presiden, menjaga dan mengisi kemerdekaan bukan pekerjaan mudah. Kompetisi antarnegara kini membuat tantangan bangsa semakin besar. Meski begitu, Presiden optimistis bangsa Indonesia mampu melewati setiap tantangan.

Oleh karena itu, Presiden mengajak segenap komponen bangsa tetap kokoh dan fokus memperkuat diri masing-masing. “Kita harus mampu memenangkan kompetisi global yang telah merasuk ke negeri kita. Tidak ada kata lain, kita harus bersatu padu menjaga persatuan, stabilitas politik, dan ekonomi,” ujarnya.

Presiden menambahkan, pengembangan sumber daya manusia juga suatu keniscayaan. “Kita harus mengawal generasi penerus kita, mengisi dengan nilai-nilai perjuangan bagi kemajuan bangsa ini,” imbuhnya.

Menurut Presiden, peranan dari para veteran dalam membangun bangsa masih sangat penting. Presiden selalu mengharapkan dan menunggu nasihat, saran, bimbingan, dan masukan. “Saya berharap Legiun Veteran Republik Indonesia untuk terus bersama pemerintah memperkuat karakter dan mental bangsa, membangun jiwa patriotik, meningkatkan bela negara, dan semangat juang,” ucapnya.

Atas nama pemerintah dan rakyat, Presiden menyampaikan terima kasih atas perjuangan para veteran. Presiden menyatakan, pengorbanan dan jasa setiap pejuang bangsa harus tetap dikenang, tak dilupakan. Sebesar apa pun penghargaan dari pemerintah, lanjut Presiden, tentu tidak akan pernah sebanding dengan kontribusi pejuang untuk Tanah Air.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT