Mal Taman Anggrek Cetak Rekor ”The World Largest LED Illuminated Facade”

Mal Taman Anggrek Cetak Rekor ”The World Largest LED Illuminated Facade”
Saat sertifikat Guinness World Records, untuk kategori The World Largest LED Illuminated Façade diterima tim managemen. ( Foto: MTA )
Selasa, 7 Agustus 2012 | 10:01 WIB
Light Emitting Dioda (LED) itu resmi mendapat sertifikat Guinness World Records, untuk kategori The World Largest LED Illuminated Façade.

Mal Taman Anggrek (MTA), salah satu mal di Jakarta 2 Agustus lalu meresmikan proyek pembangunan LED Screen yang membungkus eksterior gedung (façade), dan menyelesaikan pembangunannya pada bulan Februari 2012.

Mal Taman Anggrek, yang terletak di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia, pada bulan Juni tahun lalu memulai proyek pembangunan LED Façade terbesar di dunia ini. LED Facade seluas 8.675,3m2 mengikuti lekuk gedung dan dirancang dengan pancaran cahaya lampu yang bergerak dinamis, mampu menampilkan animasi video gambar yang penuh warna.

Tujuan membangun LED Façade adalah untuk memberi nilai tambah berbeda dengan gedung- gedung besar lainnya yang menghias Jakarta. Jelas ini bukan sekedar renovasi biasa yang dapat memberikan sentuhan modern pada gedung Mal Taman Anggrek yang sudah dipelihara dengan baik selama lebih dari 15 tahun.

Secara konsep, LED Façade dapat menjadi alternatif media promosi luar ruang untuk berbagai produk dan merek, yang tak hanya efektif tapi juga menarik.

"Kami pikir ini telah menjadi sebuah pencapaian yang lengkap, dan kami berharap dengan sudah siapnya seluruh elemen pendukung, LED Façade ini akan menjadi topik pembicaraan bagi masyarakat Jakarta hingga tahun-tahun mendatang," jelas Marcella M Tjandra, Asisten General Manager Mal Taman Anggrek.

LED Façade Mal Taman Anggrek yang dirancang Mulia Group Architects, diproduksi  StandardVision (Los Angeles, USA), membutuhkan waktu sekitar 6,5 bulan untuk produksi dan instalasi, serta 2 bulan untuk uji coba.

LED Façade secara keseluruhan memiliki panjang 353,4 meter dan tinggi 25 meter, terdiri dari 28.152 modul rangkaian lampu LED yang jika dijajar panjangnya akan mencapai 70,38 kilometer. Lampu LED Façade menciptakan efek pencahayaan yang memesona, dan mampu mengubah Mal Taman Anggrek menjadi sebuah gedung metropolitan yang gemerlap, sehingga layak menjadi sebuah ikon kota Jakarta, dan Indonesia.

LED Façade dirancang beroperasi sepanjang hari. Tampilan videografi animasi dengan pixel 862.920 ini akan terlihat lebih nyata dan bersinar menjelang senja. Layar resolusi tinggi berukuran 42.5mm x 42.5mm pixel pitch mulai beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 12 malam. Sementara layar dengan resolusi rendah dengan ukuran 166mm x 166mm pixel pitch beroperasi pada pukul 6 sore hingga 12 malam.

LED ini menggunakan 3 persen dari total penggunaan listrik untuk seluruh gedung mal, lampu LED mampu menciptakan solusi yang tidak hanya terlihat indah namun juga fungsional.
CLOSE