Elva Patty, finalis "New Wave Song Festival" 2013

Jakarta – Meski baru pertama kali mengikuti festival tingkat internasional, Elva Patty, penyanyi berdarah Ambon, Padang dan Sunda, berhasil mengalahkan ratusan penyanyi lain dalam semi final festival internasional “New Wave Song Festival” yang berlangsung di Moskwa, Rusia, Minggu-Senin (21-22/4).

Dalam babak semifinal pertama yang diikuti 81 penyanyi dari 50 negara, Elva Patty tampil percaya diri dengan membawakan lagu Natural Woman dan Living Like a Star. Semi final pertama yang berlangsung bersamaan dengan perayaan Hari Kartini itu diikuti, antara lain penyanyi Rusia, Latvia, Swiss, Kroasia, AS, India, Maladewa, Ukraina, Azerbaijan, Armenia, Belarus, Rumania, dan beberapa negara pecahan Uni Soviet lainnya.

Elva Patty menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam semi final salah satu kontes menyanyi yang cukup besar dan bergengsi di kawasan Eropa. Penampilan Elva mendapatkan dukungan langsung Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun, serta perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Rusia. Penampilan Elva disambut meriah penonton dan tim juri yang terdiri dari penyanyi-penyanyi papan atas Rusia.

Juri yang dipimpin penyanyi senior Rusia, Igor Krutoy, memutuskan Elva Patty lolos semifinal pertama bersama 25 penyanyi lain dari 10 negara dan berhak mengikuti semi final kedua pada Senin (22/4).

Penyanyi yang sudah berlatih sejak usia 5 tahun itu pun kembali memukau penonton dan juri dengan lagunya Timur Indonesia (Eastern Horizon) karya Eto Ririmasse dan Irish Riswoyo serta lagu berbahasa Prancis yang dipopulerkan Celine Dion, Pour que tu m’maimes encore.

Penyanyi berusia 25 tahun itu semakin percaya diri dengan penampilan yang memesona juri dan berhak maju ke babak final New Wave yang akan diselenggarakan 23-28 Juli 2013 di Jurmala, Latvia.

Bersama 15 penyanyi lain yang dinyatakan lolos dari babak semi final, Elva Patty langsung mengikuti karantina di Borodino Hall, Moskwa hingga 25 April 2013, untuk mengikuti persiapan menjelang final yang biasanya dihadiri lebih dari seribu penonton tersebut.

“Akhirnya setelah Sandy Sandhoro, ada penyanyi Indonesia lain yang akan tampil di final New Wave di Jurmala, Latvia” ujar Dubes Djauhari Oratmangun.

Untuk merayakan keberhasilan Elva lolos ke babak final, KBRI Moskwa bersama promotor Elva Patty, Indra Sintung Budianto, menyelenggarakan acara “Meet and Greet” dengan masyarakat Indonesia di Moskwa.

Pada kesempatan itu, sang finalis menunjukkan kebolehannya menyanyi dengan membawakan lagu-lagu dengan beat cepat.

“Terima kasih banyak untuk semua dukungan yang diberikan kepada saya oleh keluarga besar Indonesia di Rusia” ucap Elva, yang sekaligus memohon doa untuk keberhasilannya di babak final.

“New Wave Song Festival” merupakan kontes internasional yang berlangsung di Jurmala, Latvia, bertujuan menjaring penyanyi-penyanyi berbakat dari berbagai negara. Kontes yang diselenggarakan oleh penyanyi top Rusia, Igor Krutoy bersama komposer Latvia, Raimonds Pauls, sejak 2002 ini telah berhasil mengorbitkan sejumlah penyanyi terkenal di Eropa, termasuk Rusia. Meski awalnya hanya ditujukan bagi penyanyi-penyanyi asal Eropa, namun saat ini pesertanya sudah semakin luas hingga Amerika dan Asia. Pada 2009, Sandy Sandhoro berhasil memenangi kontes ini.

Penulis: A-16/AB

Sumber:PR/Suara Pembaruan