Vivik (30) istri Almarhum Ustadz Jeffry Al Buchori atau yang biasa disapa Uje memeluk foto almarhum di kediamannya Rempoa, Tangerang Selatan.

Jakarta - Kumandang ayat Kursi masih terdengar hingga menjelang tengah malam di kediaman almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori, di kawasan Tangerang, Jumat (26/4).

Ratusan pelayat silih berganti datang seakan tak pernah putus memanjatkan doa-doa kepada Sang Khalik atas kepergian mendadak ustaz yang begitu dicinta.

Derap langkah para pelayat, seakan terdengar hingga di pintu gerbang masuk rumah nan asri itu, menyeruak di tengah isak tangis istri dan anak-anak Ustaz Jeffry yang akrab disapa Uje tersebut.

Pipik Dian Irawati, sang istri, jelas kehilangan sosok panutan dalam keluarganya. Luka, duka, dan nestapa masih menggelayut dan tampak sulit untuk beranjak pergi. Meski sejatinya, mau tidak mau, ia harus membuat dirinya berdiri kokoh menghadapi kenyataan.

Memang, suasana malam pertama tahlilan, Jumat (26/4) terasa sungguh manusiawi. Tangisan menjadi pelipur hati, membasuh semua kenangan indah bersama sang pujaan hati.

"Mungkin selama dakwah ada yang menyinggung, mohon diikhlaskan, mohon dimaafkan. Suami saya orang baik," ujar Pipik dengan terbata-bata.

Sederet kata pembuka sederhana, meski diiringi derai air mata dan isak tangis, menunjukkan betapa Uje, telah berhasil mendidik sang istri tercinta untuk menjadi mahluk yang mulia.

"Suami saya orang baik, saking baiknya, tadi setelah dikubur ada yang kirim foto. Ada awan seperti sedang berdoa. Ya Alloh, ampuni suami saya, tolong maafkan suami saya. Foto ini jadi bukti, suami saya orang baik. Dia selalu mendoakan siapapun yang bertemu dengannya," ujar Pipik lagi dengan penuh haru.

Penulis: Teddy Kurniawan