Jamal Mirdad dan Lydia Kandou

Jakarta - Artis dan pemain film senior Lydia Kandou hanya bisa terdiam ketika menjalani sidang mediasi terakhir. Pasalnya sang suami, Jamal Mirdad hingga sidang ke-3 tidak pernah hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tentunya hal ini bisa saja membuat hasil keputusan sidangnya cepat. Lydia Kandou pun mengaku pasrah.

"Hasil keputusannya belum tahu. Ini sidang terakhir, keputusannya belum tahu tanggal berapa," ujar Lydia Kandou saat ditemui di PN Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

Sidang kali ini memang mengagendakan mediasi bagi keduanya, karena dalam dua sidang terdahulu Jamal Mirdad tidak pernah hadir ke persidangan. Tak banyak yang dapat dilakukan Lydia Kandou kecuali hanya pasrah pada putusan Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menyidangkan perkara perceraiannya.

"Ya mau gimana lagi kalau enggak datang, tanya sama mas Jamal saja, aku gak tahu kenapa dia tidak pernah hadir," imbuhnya sambil menghela nafas.

Dikatakan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Matheus Samiaji, proses sidang perceraian Lydia Kandou dan Jamal Mirdad bisa saja cepat diputus karena tidak ada mediasi antara keduanya, maka hakim bisa saja memutus perceraiannya itu.

"Tidak ada kewajiban untuk memanggil berkali-kali, itu tidak ada. Tapi ada hakim yang memanggil dua-tiga kali untuk berjaga, bahwa tergugat ini benar-benar berhalangan. Putusannya bisa saja verstek tanpa kehadiran tergugat," ujar Samiaji.

"Perkara ini tak bisa didasarkan atas dasar kesepakatan. Sekalipun ditinggal dan tidak dipanggil lagi, dalil-dalil gugatannya Lydia tetap harus dibuktikan di persidangan," tuturnya.

Penulis: Chairul Fikri/AF