Angelina Jolie tersenyum.

Angelina Jolie, akhirnya mengakui jika dirinya telah melakukan operasi pengangkatan payudara (dobel mastectomy) untuk mencegah kanker. Hal tersebut dilakukan Jolie, lantaran ia terindikasi berisiko terkena kanker payudara.

Artis berusia 37 tahun tersebut mengungkapkan, hasil tes genetiknya menunjukkan, jika dirinya berisiko terkena kanker payudara sebesar 87 persen dan kanker rahim, 50 persen.

Mendengar hasil pemeriksaan tersebut, ibu enam anak itu akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan payudara, terlebih anak-anaknya bertanya, apakah dirinya akan mengalami hal serupa seperti yang dialami ibunda Jolie.

Ibunda Jolie, Marcheline Bertrand diketahui meninggal gara-gara kanker rahim, di usia 57 tahun.

Operasi pengangkatan payudara itu dilakukan Jolie secara diam-diam pada 2 Februari, kemudian dilanjutkan pada 27 April lalu.

Angelina Jolie menuliskan curahan hatinya di New York Times, pada Selasa lalu.

"Aku memutuskan untuk melakukan operasi dobel mastectomy. Aku memilih operasi payudara karena risiko kanker payudaraku lebih tinggi daripada kanker rahimku dan operasinya juga lebih rumit," ujar Jolie seperti yang dikutip di New York Times.

"Aku berkata pada anak-anakku mereka tak perlu khawatir lagi akan kehilangan diriku karena kanker payudara," tambah Angelina yang kini berhasil mengurangi resiko kanker payudaranya menjadi 5 persen.

Jolie menambahkan, jika dirinya merasa lega, operasi terhadap dirinya berhasil. Kini di dadanya, hanya ada bekas luka kecil dan ia merasa lebih nyaman.

"Mereka (anak-anak), hanya melihat luka kecil saja. Semuanya sama, aku tetap ibu mereka," ujarnya.

Lantas bagaimana dengan penampakan di dada Jolie?

Jolie ternyata menyempurnakan operasinya dengan rekontruksi payudara, yakni menggunakan implan. Ia pun harus menjalani perawatan medis dan meninggalkan sedikit luka. Namun, Jolie rupanya pandai menutupi hal tersebut dan beraktivitas seperti biasanya.

"Selama ini aku menyimpan hal ini (operasi dan implan) rapat-rapat dan tetap beraktivitas. Aku beruntung memiliki Brad Pitt yang setia mendukung aku selama menjalani perawatan di Pink Lotus Breast Center. Kami merasa semakin dekat," ujarnya lagi.

Kanker payudara, telah merenggut sekitar 458.000 jiwa setiap tahunnya, menurut WHO.

Penulis: Teddy Kurniawan

Sumber:Berbagai sumber