Salah satu kegiatan selama bulan Ramadan adalah membaca kitab suci Al Quran atau tadarus Al Qur'an.

Jakarta - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1434 Hijriah, seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa stasiun televisi lokal bersaing menyajikan tayangan-tayangan religi. Serba-serbi tayangan Ramadan tersebut juga dikemas dalam tema yang menarik. ANTV, contohnya, menyajikan tema "Majelis Cinta", RCTI dengan tema "Program Spesial dan Segar", tak ketinggalan Youtube juga menyajikan tema "Semangat Ramadanmu".

ANTV dengan tema "Majelis Cinta" mengunggulkan tayangan "Sahurnya Pesbuker", "Asmaul Husna", "Blusukan Bareng Mamah", "3D (3 Da'i)", "Pelancong Muslim", dan "Rute Keren". Pada program "Blusukan Bareng Mamah", sebenarnya terinspirasi dari beberapa aksi "pencitraan" yang sempat dilakukan para petinggi negara. Hanya saja, dalam tayangan Ramadan ANTV aksi blusukan dilakukan sekaligus untuk memberikan pencerahan tentang agama.

"Blusukan Bareng Mamah Dedeh" mulai tayang tanggal 8 Juli 2013 setiap hari pukul 06.30 WIB. Dalam tayangan ini, Mamah Dedeh akan mendatangi berbagai tempat umum seperti perkampungan, pasar, dan komplek perumahan. Mamah Dedeh juga akan berinteraksi langsung dengan warga, membicarakan banyak hal termasuk tentang makna ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Selain aksi blusukan, ada pula program cinta tentang Pelancong Muslim yang ditayangkan setiap hari mulai 8 Juli 2013 pukul 07.30 WIB. Tayangan ini akan memakai host selebritis muslim dengan pengalaman mereka berpergian ke berbagai negara. Perbedaan bahasa, budaya, dan kondisi negara akan menjadi daya tarik unik dalam program penuh cinta tersebut.

Senada dengan ANTV, stasiun televisi RCTI juga memberikan tayangan spesial yang segar untuk pemirsa. Dimulai dengan Shalat Tarawih yang disiarkan langsung dari Tanah Suci Masjidil Haram, pukul 01.30 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan program "Sketsa Oemji" yang hadir dengan pesan jenaka ala Oppie Kumis, Tiffani, dan Ricky Black. Program komedi ini akan ditayangkan setiap hari mulai awal puasa, setiap pukul 02.30 WIB.

Untuk program spesialnya, RCTI menghadirkan layar drama terbaru berjudul "Anak-Anak Manusia". Drama yang dibalut dengan aksi komedi ini akan dipenuhi oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas era tahun 1990-an. "Anak-Anak Manusia" yang berkisah tentang kehidupan keluarga islami ini dimainkan oleh Teddy Syach, Devi Permata Sari, Jihan Fahira, Primus Yustisio, Teuku Ryan, Vira Yuniar, Rifky Balwell, Risty Tagor, dan masih banyak lagi.

Selain program drama, ada pula tayangan pencari bakat khusus untuk anak-anak usia 3-7 tahun. RCTI melalui program Hafidz Indonesia akan menunjukkan kemampuan anak-anak dalam menghapalkan sebagian atau seluruh Al-Quran. Program yang dapat menumbuhkan minat baca Al-Quran ini menampilkan 28 anak istimewa yang sudah menghapal hingga jus 30 dalam Al-Quran.

Tak ketinggalan untuk acara musik, RCTI menghadirkan "Tabligh Akbar Ramadan". Sajian islami dengan tausiah dan musik religi ini ditayangkan live setiap hari Jumat pukul 22.30 WIB. "Tabligh Akbar Ramadan' tersebut akan menampilkan musisi seperti Ayu Ting Ting, Tiffani Kenanga, Cakra Khan, Vidi Aldiano, Raisa, Shena Malsiana, Ridho Roma, dan Sandy Sondoro.

Tayangan Online
Berbeda dengan RCTI dan ANTV, Google Inc. melalui Youtube menyuguhkan tema "Semangat Ramadanmu" dalam www.youtube.com/ramadanindonesia. Sebuah saluran online khusus yang akan memenuhi permintaan pengguna internet Indonesia akan informasi dan pencerahan bertema religi.

Saluran YouTube "Semangat Ramadanmu" yang dipersembahkan bersama PT Unilever Indonesia, akan mengedepankan video-video lokal berkualitas dari mitra penyedia konten nasional. Adapun sajian Ramadan yang diberikan antara lain hiburan musik dari artis nasional ternama, tips memasak, dan beragam tayangan Islami lainnya.

Sementara mitra penyedia konten yang berpartisipasi yakni Trinity Optima, Musica's Studio, Aquarius Musikindo, Nagaswara, Falcon Qur'an Learning Centre, KapanLagi, Femina Group, KompasTV, dan Unilever.

"Peluncuran YouTube Semangat Ramadanmu sebenarnya seiring dengan misi Google untuk meningkatkan ekosistem internet nasional. Program ini juga merupakan salah satu cara untuk menampilkan konten Indonesia berkualitas dengan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia selama bulan Ramadan," kata Rudy Ramawy, selaku Country Head Google Indonesia.

Ditambahkan Rudy melalui konten-konten yang disajikan Youtube masyarakat Indonesia dapat menjalani bulan suci Ramadan dengan berbagi hiburan dan pengetahuan baru. Apalagi konten-konten tersebut dapat dinikmati dengan menggunakan handphone, tablet atau komputer, kapan saja dan dimana saja.

Suara Pembaruan

Penulis: A-23/NAD

Sumber:Suara Pembaruan