Konferensi pers Kompetisi Film 10 Detik  yang digelar PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk melalui dua produknya yaitu Useetv (useetv.com) dan Uzone (uzone.co.id), di Jakarta, Rabu (25/9).

Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melalui dua produknya yaitu Useetv (useetv.com) dan Uzone (uzone.co.id), mengadakan Kompetisi Film 10 Detik (10 second movie competiton), dengan mengusung tema Love & Life yang dimulai hari ini hingga 15 Desember 2013.

Indra Utoyo, Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom mengatakan, bahwa format digital narcissism atau media digital untuk mengekspresikan diri mengalami perubahan yang terus menerus.

Booming video sharing akhir-akhir ini didukung oleh semakin mudahnya masyarakat dalam merekam suatu kejadian menggunakan smartphone atau tablet menginspirasi Telkom untuk menggelar Kompetisi Film 10 Detik.

Ajang ini, kata dia, diadakan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri (digital narcissism) dalam bentuk video singkat yang kreatif dan positif, dengan mengangkat tema Love & Life yang dapat diikuti oleh siapapun.

Meski berjudul Kompetisi 10 seconds movie, tetapi durasi film yang diperbolehkan ikut dalam kompetisi ini antara 10–20 detik.

Durasi film yang sedemikian cepat itu tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri bagi peserta untuk bisa menceritakan sebuah kisah yang bermakna dalam sebuah video yang singkat. "Kemampuan ini akan mengasah intuisi peserta dalam menangkap momen-momen penting kehidupan," jelas Indra di Jakarta, Rabu (25/9).

Mekanisme kompetisi ini, lanjut dia, dilakukan secara digital. "Cukup dengan registrasi di Uzone, mengisi formulir, lalu upload film dengan durasi 10–20 detik di uzone.co.id," jelas Indra merinci.

Semua film yang masuk, tambahnya, akan diseleksi dan dipilih oleh juri. Di kompetisi ini, kata Indra, dua juri yang dilibatkan adalah Joko Anwar dan Raditya Dika yang sudah populer di dunia film.

Kompetisi yang Menantang
Tahap selanjutnya, lanjut dia, akan dibuka vote secara umum kepada masyarakat untuk memilih pemenangnya.

"Seleksi yang cukup ketat ini sengaja dilakukan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, karena nantinya diharapkan film yang terpilih ini akan menjadi konten eksklusif di useetv.com, “ terang Indra.

Joko Anwar mengatakan, ada hal yang membuatnya tertarik untuk menjadi salah satu juri di kompetisi ini.

“Saya tertarik dengan platform yang ditawarkan Uzone. Saya yakin masa depan screen culture atau budaya menonton itu akan berbasis pada web atau web-based. Terlebih dengan berkembangnya teknologi digital akan memungkinkan setiap orang membuat konten menarik. Alasan lainnya adalah bahwa lewat ini pasti akan ada beberapa orang yang memiliki kemampuan story telling bagus, “ ujarnya.

Sementara itu, Raditya mengatakan, tertarik menjadi juri di kompetisi tersebut, karena merasa tidak mudah membuat sebuah video atau konten yang memiliki cerita dalam durasi 10-15 detik.

“Saya tertarik menjadi bagian dari kompetisi ini, karena saya merasa konsep ini sangat menantang. Tidak mudah membuat sebuah video yang bisa menyampaikan cerita dalam durasi 10-15 detik, “ ujarnya.

Achmad Sugiarto, Executive General Manager Telkom Divisi Solution Convergence mengatakan, seluruh video 10 seconds movie competition ini diunggah ke Uzone.co.id, sebelum dinilai oleh dewan juri.

"Untuk mengunggah video, masyarakat bisa menggunakan akses internet apa saja. Namun untuk memudahkan, Telkom menyediakan akses wifi.id gratis yang salah satunya berada di lokasi 7eleven," jelasnya.

Hasil 10 second movie competition ini, kata Achmad, nantinya bisa dinikmati masyarakat di useetv.com.

Cara Ikut Kompetisi
Masyarakat sudah bisa berpartisipasi dan mengunggah video berdurasi 10-15 detik mulai hari ini ke kanal www.uzone.co.id/wow/channel dengan ukuran file maksimal sebesar 25 megabyte.

Kompetisi ini akan terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap penggunggahan dari 25 September – 30 November 2013, dimana calon peserta bisa mengunggah sebanyak mungkin karya bertema Love atau Life.

Tahapan selanjutnya adalah tahapan vote, di mana masing-masing karya berhak mempromosikan diri untuk di-vote sebanyak-banyaknya, mulai 25 September hingga 10 Desember. "Jadi setelah mengunggah video, calon peserta bisa langsung melakukan kampanye voting," jelas Achmad.

Pengumuman pemenang itu sendiri akan dilakukan pada 13 Desember 2012, dan beberapa video terpilih akan ditayangkan pada 19 Desember 2013.

Video yang diperbolehkan ikut adalah yang tidak mengandung unsur SARA.

Selama berjalannya kompetisi, Telkom juga mengadakan roadshow ke beberapa universitas di empat kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogjakarta, Makassar dan Surabaya yang menghadirkan Joko Anwar sebagai narasumber dan menggandeng para komunitas film sebagai partner.

Adapun pemenang kompetisi film ini dibagi menjadi tiga, yaitu Film terbaik, Skenario Terbaik dan Pemenang Favorit, dengan hadiah uang cash dengan nilai total sebesar 75 juta rupiah.

Untuk berpartisipasi sebagai peserta, bisa langsung mengunjungi website www.uzone.co.id/movieproject. Informasi juga bisa didapatkan di facebook uzoneindonesia atau follow twitternya @uzoneindonesia.

Penulis: Ririn Indriani