Indonesia Jawara Bintang Radio ASEAN Kategori Pria

Indonesia Jawara Bintang Radio ASEAN Kategori Pria
Kantor RRI ( Foto: Istimewa )
Senin, 20 Oktober 2014 | 06:13 WIB

Kupang - Lomba Bintang Radio tingkat ASEAN, yang digelar RRI Kupang dari tanggal 12-18 Oktober 2014 di Kupang menetapkan wakil Indonesia untuk kategori putra dan Malaysia untuk kategori putri sebagai juara.

Tim juri Bintang Radio ASEAN menetapkan Pryo Diky Rinaldy asal Indonesia sebagai jawara Bintang Radio ASEAN, disusul Tun Abdul Aziz (Malaysia) di posisi runner up, dan Bentura Maia (Timor Leste) di peringkat ketiga kategori putra," kata Direktur Utama RRI, Rosarita Niken Widyastuti, di Kupang, Minggu (19/10).

Sementara, katanya, untuk juara satu Bintang Radio ASEAN kategori wanita diraih Noorhasimah Kadir (Malaysia), disusul Bening Septaria (Indonesia), dan Antonia Mozes (Timor Leste), masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

Sedangkan, tim juri keroncong menetapkan Ni Made Pujawati (Denpasar) sebagai juara, diikuti Naviarani (Yogyakarta) di tempat kedua, dan Rabiatul Adawiah (Medan) di peringkat ketiga.

"Kategori keroncong pria disabet Panji Kusuma (Semarang), serta Aidil Saputra (Palembang), dan Ibrahim Syah (Jakarta) di peringkat kedua dan ketiga.

Khusus untuk lomba antar RRI di Indonesia yang digelar bersamaan dengan ajang tingkat ASEAN itu, katanya, Winro Ralahatu dari RRI Jakarta dan Sisca Christin Dama dari RRI Palu, keluar sebagai pemenang Bintang Radio 2014 dalam grand final Bintang Radio Indonesia-ASEAN di Grand Mutiara Ball Room, Sabtu (18/10) malam.

"Hasil pengamatan dan penilaian tim juri terhadap penampilan seluruh finalis, Bens Leo, Elsa Sigar, Sandro Tobing menjatuhkan pilihan dan menetapkan Winro Ralahatu, wakil dari RRI Jakarta sebagai juara satu Bintang Radio Indonesia 2014 kategori pria," katanya.

Sedangkan, kategori putri diraih Sisca Christin Dama, wakil dari RRI Palu. Selanjutnya runner up kategori pria, diraih Mario Klau (Kupang), disusul Amrillah (Bandung) di posisi ketiga.

Sementara, gelar harapan satu dan dua masing-masing direbut Mahesya Nanda Pratama (Pekanbaru) dan Alfian Fadlilah (Padang). Di bagian putri, posisi runner up disabet Ikhfa Amelia (Banjarmasin), dan Reska Wulandari (Makassar) di peringkat ketiga.

Sedangkan Melati Rahmaningtyas, (Yogyakarta) merebut juara harapan satu serta Suchi D. Mutiara (Bogor), mendapat juara harapan dua.

Menurut Rosarita Niken Widyastuti total ofisial dan peserta dalam even ini sebanyak 5.300 peserta. Khusus peserta sebanyak 130 orang, sedangkan keroncong 12 orang. Sementara untuk bintang ASEAN, terdiri atas Malaysia, Indonesia, dan Timor Leste.

RRI katanya, sejak berdiri menjadi lembaga penyiaran yang berkontribusi dalam dunia musik dan sejak 1951 RRI, menyelenggarakan bintang radio, dengan mengedepankan kualitas.

Dia berharap, output Bintang Radio Indonesia-ASEAN, menjadi penyanyi legendaris Indonesia dan di ASEAN.

Masih menurutnya, RRI pada masa yang akan datang, menggandeng band-band dan penyanyi, untuk pengembangan even ini. Dia berharap, ajang bisa membangun karakter dan perekat kehidupan sosial Indonesia.

"Semoga ada kesepahaman etnis, agama dan suku dan antargolongan, sehingga Indonesia tetap damai," paparnya, sembari menambahkan, pada kesempatan ini, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada pencipta lagu Love Ambon, George de Fretes.

Pada bagian akhir, dia mengumumkan kalau Bintang Radio Indonesia-ASEAN tahun 2015 akan digelar di Jambi.

CLOSE