Gary Richrath, mantan gitaris REO Speedwagon.

Gitaris REO Speedwagon Gary Richrath Meninggal

Gary Richrath, mantan gitaris REO Speedwagon. (Istimewa)

Gary Richrath, gitaris group musik REO Speedwagon yang menulis sejumlah hits paling terkenal band tersebut, meninggal dunia hari Minggu, menurut keterangan vokalis Kevin Cronin.

"Teman seperjalanan dan kolaborator saya Gary Richrath meninggal dunia," tulis Cronin di laman Facebook band tersebut.

"Gary adalah gitaris dan penulis lagu yang unik, dan sosok seorang pria tangguh dengan hati emas. Saya belajar sebagian besar ilmu untuk membentuk sebuah band rock dari Gary Richrath."

Richrath meninggal pada usia 65, namun penyebab kematiannya tidak disebutkan.

Richrath bergabung dengan REO Speedwagon pada 1971 tepat ketika group yang didirikan pada dekade 1960an tersebut hendak meluncurkan album perdana.

Meksipun lagu-lagu mereka tidak diputar di radio hingga akhir 1970an, namun tur yang rutin digelar membuat mereka memiliki basis penggemar yang cukup kuat, terutama di daerah asal mereka Midwest. Ketika itu manajer mereka adalah Irving Azoff, yang kemudian mengelola kelompok Eagles dan menjadi raja konser dan rekaman.

Pada akhir 1970an, single seperti "Ridin' the Storm Out" dan "Time for Me to Fly" -- banyak yang ditulis Cronin -- mulai masuk tangga lagu terpopuler, dan pada 1981 meraih blockbuster untuk album "Hi Infidelity" yang terjual lebih dari 9 juta keping, seperti dilansir CNN.

Bersama Richrath, band tersebut memiliki dua single di Top Forty, yaitu "Keep on Lovin' You" dan "Can't Fight This Feeling."

Richrath meninggalkan REO Speedwagon pada 1989 namun kembali lagi pada konser amal 2013 di Bloomington, Illinois, untuk korban tornado.

Penggemar lagu rock ballad pasti pernah mendengar lirik ini: What started out as friendship has grown stronger, I only wish i had the strength to let it show.

Masih belum kenal REO Speedwagon juga? Simak video berikut:

Heru Andriyanto/HA

YouTube