Acara tersebut akan berlangsung tanggal 22-24 Maret 2012 di Lapangan SICC Sentul City Bogor.

Jika Anda ingin menikmati melayang di udara pegunungan, melihat warna-warni balon raksasa terbang di langit atau melihat balon udara berpendar di malam hari?

Di sini tempatnya. PT Festival Balon Indonesia bekerjasama dengan PB FASI dan Sentul City bertindak sebagai penyelenggara acara ini.

Ada 10 negara dan 21 balon udara berpartisipasi dalam acara ini, Belanda, Amerika Serikat, Prancis, Belgia, Jerman, Thailand, Malaysia, Vietnam, India dan Indonesia.

Penerbangan Hot Air Ballon sangat tergantung cuaca, jika hujan, angin kencang atau cuaca buruk Pilot dan Air Boss akan membatalkan penerbangan. Untuk mengantisipasi hal di atas dijadwalkan dua penerbangan, pagi (06.00-10.00) dan sore (15.30-18.00). Jika Anda hanya ingin menikmati keriaan pendar balon udara, ada night glow, balon udara akan berjejer dan menyalakan api yang disemburkan di balon udara.

Tiket masuk area Festival Balon Udara Indonesia 2012 dipatok dengan harga Rp25.000, Anda bisa menikmati bazar panggung hiburan dan area bermain. Dan Rp300.000 untuk tiket tethered ballon (terbang naik turun) yang dibeli di lokasi pada hari H. Sedangkan Rp 2juta dijual untuk terbang selama 45 menit. Sayang menurut panitia tiket terbang 45 menit ini hampir habis terjual.

Sedangkan tiket Rp100.000 untuk masuk area atraksi balloon belly walk atau perut balon udara selama 10 menit.

Ada beberapa ketentuan bagi pengunjung yang diperbolehkan naik balon udara, tinggi minimal 150cm karena keranjang balon setinggi 120cm. Sedangkan anak kecil tidak boleh digendong selama dalam balon. Yang dilarang naik balon adalah perempuan hamil, menderita penyakit jantung, epilepsi dan asma akut. Pengunjung yang ingin naik balon juga disarankan memakai sepatu olahraga.

Jangan khawatir, jika tak kebagian tiket naik balon masih banyak atraksi seperti EMS (Elfa Musik Studio), Farabi Musik School, Purwacaraka Music School, ITB Jazz Band, Permainan Angklung dan masih banyak lagi. Ada juga lomba mewarnai dan melukis untuk anak dan lomba fotografi untuk dewasa.

Penulis: