Karya lukisan Ade Pasker
Salah satu karya lukisan Ade Pasker
Menuangkan perjalanannya berkendara vespa dalam karya lukisan.

Jika selama ini para petualang kerap mengabadikan perjalanannya dengan foto, berbeda dengan Ade Pasker. Sebagai perupa, Ade yang kelahiran Sungai Penuh, Kerinci, Sumatera ini merekam perjalanannya ke dalam lukisan.

Lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini gemar melakukan perjalanan jauh dengan skuter. Ia menjelajahi kota-kota di Sumatra, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dengan kendaraan tersebut.

Uniknya, lelaki kelahiran 9 Agustus 1980 ini memodifikasi kendaraannya. Skuter yang dikendarainya tidak sekadar kendaraan orisinal. Pasker membongkar pasang skuternya menjadi motor modifikasi. Sebagian materinya berasal dari bahan logam yang ada di sekitarnya.

Ia tak peduli ukurannya menjadi lebih berat dan lebih panjang dari skuter orisinal dan multifungsi. Juga tak peduli jika suara knalpot skuternya membuat pusing dan marah rekan dan orang di sekitarnya.

Pengalaman unik ini kemudian ditampilkannya dalam lukisan-lukisannya yang dipamerkan dalam sebuah pameran tunggal bertajuk Extreme Traveller yang berlangsung di Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis.

Pameran tersebut menampilkan 20 karya lukisnya yang dikerjakan antara tahun 2008-2012. Lukisan bergaya impresionis semi ekspresif itu penuh berisi pengalaman hidup yang memperlihatkan kehidupan sosial mereka yang sering terpinggirkan.

Ada beberapa cerita yang mencekam dan syahdu, dari mengamen untuk mendapatkan uang bensi, dan menginap di tempat seadanya.

Semua kisah menarik itu bisa disaksikan pada pameran yang berlangsung dari 10 Mei hingga 14 Juni 2012.

Penulis: