Dekapan dalam Love Bank, Kisah Unik Hari Valentine di Slowakia

Dekapan dalam Love Bank, Kisah Unik Hari Valentine di Slowakia
Dekapan dalam Love Bank, bagian dari pameran interaktif yang didedikasikan untuk puisi cinta terpanjang di dunia karya Andrej Sladkovic yang ditulis pada 1844. ( Foto: AFP )
Nurlis E Meuko / NEF Selasa, 13 Februari 2018 | 18:31 WIB

Jika ingin melihat nuansa sastra cinta romantis di Hari Valentine, maka datanglah ke Banska Stiavnica, sebuah kota kecil di Slowakia. Di sana pasangan kekasih menyiapkan cerita cinta untuk ditempatkan dalam “deposit” yang didedikasikan untuk kisah  cinta paling romantis.

Disebut "Love Bank", tempat ini menjadi daya tarik utama sebuah pameran yang memperingati puisi cinta terpanjang di dunia, "Marina", karya penyair Slowakia, Andrej Sladkovic, yang ditulis pada 1844.

Laman AFP menuliskan, puisi sepanjang 2.900 baris itu menceritakan kisah cinta antara sang penyair dan Maria Pischlova. Mereka adalah kekasih yang terpesona pada bintang. Ini adalah kisah nyata yang menjadi roman tragis, tak seperti Romeo dan Juliet yang imajiner.

Dikisahkan, orangtua Marina tak menginginkan penyair miskin menjadi menantunya. Ia lebih memaksa anaknya menikahi pembuat roti jahe kaya.

Sekarang, rumah tempat Marina tinggal dikenal sebagai "Episentrum Cinta" yang menjadi tempat pameran interaktif yang terinspirasi dari puisi itu, termasuk "love-o-meter" yang mengukur kekuatan kasih sayang para pasangan.

Di ruang bawah tanah rumah, ada terowongan panjang yang berubah menjadi lemari besi dengan 100.000 laci kecil, satu untuk setiap huruf, celah, dan tanda baca manuskrip.

"Pengunjung kami kagum dengan bagaimana sebagian sejarah dan sebuah puisi yang ada di daftar bacaan wajib sekolah dasar telah berubah menjadi pengalaman langsung," kata Katarina Javorska, juru bicara LSM yang menyelenggarakan pameran di bekas kota pertambangan perak Banska Stiavnica itu.

"Love Bank" mampu menarik pasangan kekasih untuk menyimpan kenang-kenangan romantis. Namun, mereka hanya bisa membuat "deposito" di Hari Valentine.

"Tunangan saya dan saya menyimpan tiket bioskop dari kencan pertama kami di sini," kata Dominika Hrabusova, 24 tahun kepada AFP. Pasangan lain, Jan dan Anna membawa bayi laki-laki mereka yang berusia tujuh bulan. "Ini kunjungan keempat atau kelima kami ke Banska Stiavnica, sebelum menikah kami sering datang ke sini," kata Jan.

"Kota ini adalah kotak permata itu sendiri, saya terkesan dengan kecerdasan dan kreatifnya pameran ini," katanya, dan memuji pesona Banska Stiavnica, yang terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1993.

Ketika pengunjung pameran melewati ruangan yang menggabungkan desain modern dan kasau berusia 500 tahun, langsung disambut empat "lukisan" - TV layar datar besar - di dinding yang tiba-tiba menjadi hidup dan menampilkan kehidupan penyair dan Marina.

Di ruangan lain, pengunjung dapat membolak-balik halaman "Register of Love", dengan berat 53 kilogram (117 pon) dan terdiri dari 3.200 halaman yang secara bertahap diisi dengan catatan dari para pecinta yang mengunjungi bekas hobi penyair tersebut.

Perancang pameran mengubah "Episenter Cinta" menjadi daya tarik utama, semacam tempat ziarah bagi pecinta dari seluruh dunia.

"Jika jutaan orang bersedia melakukan perjalanan ke Verona untuk melihat balkon pasangan Romeo dan Juliet yang imajiner, saya yakin banyak orang akan datang ke Epicenter of Love untuk menghidupkan kembali sebuah kisah cinta sejati," kata Javorska.



Sumber: BeritaSatu.com