Dorkas dan Rando, pemenang Lomba Bintang Radio (RRI)
Mereka adalah Dorkas Lea Waroy dan Rando Sembiring, pemenang lomba Bintang Radio (RRI) 2011 kategori pop.

Dorkas Lea Waroy merupakan perwakilan dari RRI Jayapura sementara Rando Sembiring adalah perwakilan dari RRI Pekanbaru, Riau.

Keduanya mengalahkan 120 kontestan lain dalam Grand Final Bintang Radio (RRI) yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, Oktober lalu. Kemenangan tersebut, membuat Dorkas dan Rando masuk dapur rekaman di bawah label Nagaswara. Keduanya juga dipastikan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Bintang Radio ASEAN 2012.

Di single pertama keduanya, Dorkas menyanyikan lagu Aku Rindu karya Yuan Passer yang juga pernah menciptakan lagu Matahariku yang dinyanyikan Agnes Monica. Sementara itu Rando menyanyikan lagu Menunggu ciptaan Endy Irfan.

"Bagi saya dan Rando, ini adalah kehormatan yang tiada tara. Seperti mimpi, kita bisa punya lagu sendiri," ujar Dorkas, melalui siaran pers kepada Beritasatu.com hari ini.

Dorkas adalah  putri pasangan Alfons Waroy dan Aplena Sembay yang memang sudah hobi menyanyi sejak kecil. Ia mengagumi Whitney Houston, Mariah Carey, Ruth Sahanaya dan Edo Kondologit.

“Saya tinggal jauh di Papua. Hanya dengan latihan keras dan prestasi saja yang memungkinkan saya dilirik orang,” katanya jujur.

Dorkas merupakan Sarjana Pendidikan, Jurusan FKIP Biologi, Universitas Cendrawasih, Papua.

Pada dasarnya, bakat yang diperlihatkan Dorkas, tidak jauh berbeda dari sahabatnya, Rando Sembiring. Rando adalah pemenang putra kategori pop lomba Bintang Radio (RRI) 2011. Rando sendiri adalah putra Bangun Purba, Sumatera Utara. Namun kali ini, dia mewakili provinsi Pekanbaru, Riau.

“Saya sudah pernah menang Bintang Radio (RRI) Medan dua kali. Jadi sengaja ke ikut lagi dari Pekanbaru tahun kemarin,” katanya.

Rando mengaku sudah sejak kecil gemar menyanyi. Apalagi ia dikenal sebagai salah satu penyanyi gereja yang biasa menyanyikan lagu-lagu rohani. Kedua  orangtuanya, Rusly Sembiring dan Roslina Br. Saragih kemudian mengarahkan bakat Rando dengan mengikuti berbagai festival menyanyi di Sumatera Utara.

Dan sekarang, sedikit banyak dia mulai bisa menikmati hasil jerih payahnya. Salah satunya adalah beasiswa S1 di Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Darma Agung, Medan adalah berkat juara menyanyi.

Penulis: