Kalla Youth Fest 2018 Jadi Wadah Anak Muda Kreatif

Kalla Youth Fest 2018 Jadi Wadah Anak Muda Kreatif
Solihin Kalla. ( Foto: ID/Novy Lumanauw )
Novy Lumanauw / FER Jumat, 9 November 2018 | 20:35 WIB

Makassar - Kalla Grup menggelar Kalla Youth Fest 2018 (KYF), festival untuk anak muda kreatif di pusat perbelanjaan terbesar Nipah Mal di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/11).

Festival yang dibuka secara resmi oleh Chief Executive Officer (CEO) Kalla Group, Solihin Jusuf Kalla, menyasar kepada anak muda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu, menghadirkan beragam karya kreatif, baik seni, film, startup, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Solihin mengatakan, KYF merupakan festival anak muda pertama, yang diselenggarakan di Makassar dan menjadi pioneer di Kawasan Timur Indonesia. Sejak pertama kali digelar pada 2017, KYF telah mendapatkan respon cukup masif, terbukti dari antusiasme masyarakat, khususnya kaum milenial yang hadir melebihi target audience yang diharapkan.

"Kegiatan KYF dapat menjadi wadah untuk menampung ide-ide kreatif anak muda dan berbagai komunitas di Indonesia. Harapan kami, tiga hari ke depan acara ini dapat menghasilkan ide, gagasan dan konten dari kolaborasi dan komunitas yang hadir yang tepat sasaran, aktual dan menjawab kebutuhan masyarakat," kata Solihin.

Perusahaan layanan transportasi berbasis online, Grab juga turut menyemarakkan Kalla KYF 2018. Selain menawarkan jasa transportasi, pengunjung juga dapat membuka akun OVO dan menyinkronisasi OVO pada akun Grab.

Inspiratif

Sementara itu, Corporate Strategic & Development Director Kalla Grup, Disa Novianty mengatakan, festival yang berlangsung hingga 11 November 2018 mengusung tema "Be A Change Maker" dan fokus pada Collaboration, Community, and Content.

Selain itu, KYF 2018 juga menghadirkan 50 pembicara inspiratif dari beragam industri kreatif, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Para pembicara yang dihadirkan akan menyampaikan perjalanan hidupnya sehingga menjadi pemimpin yang menginspirasi di industri kreatif melalui Workshop dan Talkshow Interaktif KYF 2018.

Mereka di antaranya, CEO Kalla Group Solihin Jusuf Kalla, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Wisnutama (NET TV), Daniel Surya (WIR Group), Ongky Kurniawan (Grab Indonesia), Shinta Dhanuwardoyo (Bubu), Mira Lesmana dan Riri Riza dari Miles Films, Lembu Wiworojati (Bukalapak), Adib Hidayat (Bermusik.id), dan Risman Adnan (Samsung).

Tema pembahasan yang menyemarakkan KYF 2018 mencakup Creativity, Entrepreneurship, dan Technology. Belasan produk prototype startup dari Kota Makassar, UMKM, dan karya seni instalasi para seniman nasional dan lokal juga dipajang di area seluas 583 meter per segi.

"KYF 2018 menjadi wadah berkumpul untuk anak muda dan sebagai penggerak industri kreatif dari wilayah timur Indonesia," kata Disa.

KFY 2018, lanjut Disa, juga disemarakkan workshop menarik dengan berbagai topik yang sedang ramai saat ini, baik di sektor kesenian, musik, UI/UX Programmer dan teknologi.

Untuk mengikuti workshop-workshop yang ada, pengunjung KYF 2018 harus melakukan registrasi melalui website dan membayar workshop fee senilai Rp 50.000 per orang, untuk sekali menghadiri workshop. Bagi peserta yang ingin mengikuti seluruh workshop membayar senilai Rp 100.000. Seluruh pendapatan dari workshop-workshop di KYF akan didonasikan untuk korban gempa Palu, Donggala, dan Sindoro.

"Rencananya, KYF akan kami akan digelar setiap tahun, dan diharapkan menjadi ajang perayaan anak muda kreatif yang dapat memicu percakapan hingga diskusi di ruang publik tentang bagaimana kita dapat menyebarkan ide baik sebagus mungkin, sehingga anak muda mendapatkan ruang beraktifitas positif dan membicarakan hal-hal hebat di dalamnya," katanya.

Target KYF 2018 adalah menjaring 40.000 pengunjung dari Kota Makassar dan sekitarnya. KYF 2018 juga menghadirkan exhibisi di bidang musik, film, animasi, video, design, fotografi, kriya dan teater, didukung live performance bintang tamu The Milo serta band Indie lainnya, seperti Theory of Discoustic, Urbaneggs, Surgir, Loka, dan Myxomata Ruang Baca.



Sumber: Investor Daily
CLOSE