Olga kerapkali menuai kontroversi akibat lawakannya
Didesak FPI minta maaf karena dianggap telah melecehkan ucapan salam umat Islam.

Lidah komedian Olga Syahputra kembali memancing kontroversi. Apalagi jika bukan lawakan candaannya yang dianggap telah menyakiti orang lain.

Padahal belum lama ia ditegur KPI lantaran perilaku lidahnya yang tidak terkontrol dengan lawakan yang menyakiti korban perkosaan di angkutan umum, saat menjadi pengisi acara di ulang tahun Trans TV, beberapa waktu lalu.

Jauh sebelum hal itu terjadi, sejumlah masyarakat pernah mengeluhkan candaan Olga Syahputra yang dinilai melecehkan orang lain.

Ramadhan tahun lalu misalnya, lembaga penyiaran yang menayangkan acara sahur yang dibintangi Olga pun ditegur gara-gara hampir setiap hari artis yang tengah digosipkan dekat dengan Jessica Iskandar tersebut dianggap melecehkan lawan mainnya.

Memang sang partner tampaknya tidak tersinggung lantaran hal tersebut merupakan program komedi. Namun bukan berarti dalam program komedi bisa melakukan segalanya?

Lantaran stasiun televisi merupakan lembaga penyiaran yang di dalamnya terdapat tujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dengan program-program yang mendidik, apa yang dilakukan Olga bukanlah hal yang pantas dilakukan.

Banyolan Olga juga sempat membuat Yuni Shara tersinggung saat hubungannya dengan Raffi Ahmad tengah bermasalah. Ia juga sempat membuat kesal para personel Five Minutes saat ingin tampil di acara Dahsyat yang dipandunya dengan banyolannya yang dianggap menyakitkan hati.

Namun berkali-kali Olga selalu berdalih, apa yang dilakukannya merupakan caranya menghibur masyarakat. "Niat Olga baik tidak ada maksud apa-apa," ujar Olga saat diprotes atas leluconnya yang dianggap kelewat batas saat mengisi acara sahur, Ramadhan tahun lalu.

Olga sendiri tercatat sudah dua kali diganjar surat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) lantaran lawakannya yang kerapkali dianggap melewati batas.

Saat ini yang sedang hangat dibicarakan adalah, celetukan Olga di program Pesbukers ANTV, Selasa (19/6). Saat itu Julia Perez sedang menerima telepon di studio. Jupe, sapaan akrab Julia Perez mengucapkan 'Assalamualaikum', namun Olga berkelakar dengan mengatakan,"Lu Assalamualaikum terus ah, kayak pengemis lu."

Secara tidak langsung, Olga menyebut kalimat salam umat Islam tersebut sebagai ucapan pengemis.

Mungkin maksudnya adalah bergurau agar penonton tertawa, Namun Olga rupanya tidak sadar, jika candaannya tersebut dianggap telah melecehkan salah satu umat. Banyak orang yang langsung mengadu ke situs KPI dan mendesak agar Olga segera diberikan tindakan tegas.

Seperti yang ramai diberitakan, candaan Olga Syahputra tersebut juga telah menuai protes dari Front Pembela Islam (FPI), sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis agama yang kerapa bertindak keras terhadap hal-hal yang dianggap bertentangan dengan ajaran agama yang mereka anut.

Ketua DPD FPI DKI Habib Salim Bin Umar Al Attos atau yang akrab disapa Habib Selon dengan nada murka mengatakan jika Olga telah melecehkan Islam bahkan menganggap sudah tidak berhak hidup di muka bumi.

"Kami tidak akan tinggal diam, sebelum Olga minta maaf kepada umat Islam," tegas Habib Selon seperti yang diberitakan sejumlah media.

Penulis: /FMB