Olga Syahputra saat beraksi bersama Cut Tari
Bisa meraih miliaran rupiah dalam satu bulan.

Sosok Olga Syahputra belakangan kembali menjadi perbincangan publik. Bukan lantaran prestasinya di dunia hiburan yang dibicarakan, melainkan ulah lidahnya yang kembali menuai protes sejumlah orang.

Bermula saat Olga mengomentari percakapan Julia Perez dan seorang penelpon saat acara Pesbukers yang tayang di ANTV, Selasa (19/6). Jupe, sapaan akrab Julia Perez mengucapkan 'Assalamualaikum', namun Olga berkelakar dengan mengatakan,"Lu Assalamualaikum terus ah, kayak pengemis lu."

Secara tidak langsung, Olga menyebut kalimat salam umat Islam tersebut sebagai ucapan pengemis.

Mungkin maksudnya adalah bergurau agar penonton tertawa, Namun Olga rupanya tidak sadar, jika candaannya tersebut dianggap telah melecehkan salah satu umat. Banyak orang yang langsung mengadu ke situs KPI dan mendesak agar Olga segera diberikan tindakan tegas.

Olga Syahputra saat ini disebut-sebut sebagai seorang komedian dengan bayaran termahal di Indonesia. Untuk setiap episode reguler program televisi, kabarnya Olga menerima bayaran hingga Rp30 juta per episode. Menurut sumber lainnya, honor Olga untuk acara spesial bisa sampai Rp50 juta per episode.

"Ramadhan tahun lalu, honor Olga mengisi acara sahur kurang lebih Rp50 juta," ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

"Namun yang saya dengar, Ramadhan tahun ini, ia minta Rp90 juta per episode untuk mengisi acara Ramadhan di salah satu stasiun televisi swasta," ujar sumber tersebut lebih lanjut.

Jika dihitung secara kasar, penghasilan Olga saat Ramadhan nanti dari satu program adalah Rp90 juta dikali 30 hari yakni Rp2,7 miliar. Jika ditambah dengan program reguler musik di pagi hari dan sore hari, Olga yang disebut-sebut mendapatkan honor Rp30 juta per episode, total akan mengantongi Rp30 juta dikali 2 kali satu hari dikali 30 hari yakni Rp1,8 miliar. Total honor Olga selama Ramadhan nanti diperkirakan Rp4,5 miliar.


From Zero to Hero

Di balik kontroversi sejumlah banyolannya tersebut. Olga Syahputra merupakan sosok yang sederhana dan rendah hati. Hal tersebut lantaran kisah hidupnya yang penuh keprihatinan saat memulai langkahnya di dunia hiburan. Olga Syahputra yang bernama asli Yoga Syahputra tersebut memulai kariernya di dunia hiburan tanpa disangka-sangka. Keisengannya meminta tanda tangan para artis di lokasi syuting, membuatnya mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Lenong Bocah.

Olga bahkan sampai menjual kulkasnya agar dapat berlatih di Sanggar Ananda sebagai syarat untuk bergabung di Lenong Bocah tersebut.

Meski hanya peran-peran kecil. namun Olga tidak merasa minder untuk tampil di atas panggung. Hal itulah yang membuatnya banyak disenangi rekan-rekannya. Saat program Lenong Bocah sudah tidak lagi menjanjikan, Olga pun akhirnya mencari penghasilan dengan menjadi asisten penyanyi dangdut Rita Sugiarto.

Sambil menyelam minum air. Menjadi asisten artis, membuatnya dekat dengan sejumlah artis lainnya dan juga kru sinetron. Olga pun akhirnya diajak untuk bermain dalam sinetron Kawin Gantung dan si Yoyo. Ia juga kemudian memulai kariernya menjadi presenter dalam acara Ngidam mendampingi jeremy Thomas.

Kariernya mulai bersinar saat bergabung dengan program Extravaganza ABG di tahun 2005. Namanya semakin berkibar saat menjadi pembawa acara Ceriwis di Trans TV bersama Indra Bekti dan Indy Barends.

Pundi-pundi rupiahnya semakin tebal saat ia didaulat menjadi presenter tetap program musik Dahsyat sejak tahun 2008. Konon dalam program tersebut Olga dibayar hingga 30 juta rupiah per episodenya. Bayangkan jika acara tersebut ditayangkan setiap hari.

Selain itu, Olga juga menjadi pembawa acara dalam program Pesbukers yang ditayangkan ANTV.

Kini uang tidak lagi menjadi kendala dalam kehidupannya. Limpahan rupiah telah mengelilinginya menjadi sosok salah satu artis terkaya di tanah air.


Prestasi

Sejumlah prestasi pernah diraih Olga selama berkarier di dunia hiburan. Hampir semua prestasi tersebut merupakan hasil pilihan masyarakat melalui SMS. Lantas dengan banyaknya kejadian kontroversi yang menerpanya, apakah Olga masih 'cocok' terpilih menjadi artis favorit pemirsa televisi?

Inilah catatan emas prestasi Olga Syahputra :
1. Panasonic Awards 2009 : Presenter Musik Variety Show Terfavorit
2. Panasonic Awards 2009 : Pelawak Terfavorit
3. Indonesia Kids Choice Awards 2009 : Pembawa Acara Favorit
4. Panasonic Gobel Awards 2010 : presenter Musik variety Show Terfavorit
5. Panasonic Gobel Awards 2010 : Pelawak Terfavorit
6. Panasonic Gobel Awards 2012 : Presenter Talent Show Terfavorit

Penulis: /FMB