Cinta Penelope
"Intinya para calon TKI harus terlebih dahulu aturan dan hukum yang berlaku di negara tujuan."

Pengakuan mengejutkan datang dari artis cantik Cinta Penelope. Ia mengaku pernah menjadi pembantu rumah tangga selama dua tahun di Jambi di rumah Ibu Neny dan Pak Yanto beberapa tahun silam, sebelum menjadi artis.

"Kalau misalnya teman-teman di sini mau tahu, sebelumnya aku pembantu rumah tangga, Aku sama seperti kalian (TKI) tapi aku punya cita-cita dan berusaha seperti saat ini (menjadi artis)," ujar Cinta Penelope dihadapan ratusan calon TKI, Minggu (29/7).

Lantaran pernah mengalami menjadi pembantu rumah tangga itulah, Cinta merasa senang saat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memintanya menjadi duta TKI. Apalagi dirinya mengaku sangat prihatin dengan kondisi TKI saat ini.

"Aku prihatin dan enggak habis pikir dengan TKI ilegal. Mereka melalui calo dan tentu saja keselamatan tidak dijamin. Tapi jika mengikuti pelatihan terlebih dahulu, mereka akan dididik bahasa, hukum dan hal-hal yang dibutuhkan, jadi sudah punya bekal," ujar Cinta panjang lebar.

Lebih lanjut Cinta mengungkapkan, jika ia berharap para TKI tanah air juga belajar kultur di tempat tujuan mereka bekerja agar  tidak terjadi kesenjangan budaya. Sebab apa yang biasa dilakukan di tanah air, belum tentu cocok di luar negeri, begitupula sebaliknya.

"Intinya para calon TKI harus terlebih dahulu aturan dan hukum yang berlaku di negara tujuan. Apa yang enggak disuka sama majikan pun harus tahu," ujar Cinta.

Penulis: /FMB