Tony Q Rastafara
"Kalau sekarang malah jadi sering (bertengkar). Ada SARA, berantem, bahkan yang sepaham malah bertengkar.

Mengangkat tema-tema ideologi, agama, budaya dan sosial di album terbarunya, Tony Q dengan cukup berani mentransformasikan pemikirannya terhadap perbedaan-perbedaan yang ada, khususnya agama dalam sebuah lagu yang diberi judul Haleluya, Alhamdulillah.

"Di lagu ini saya ingin mengajak pendengar untuk kembali ke kesadaran pluralisme," kata Tony saat dijumpai di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan hari ini.

Lagu ini berangkat dari masa lalu lelaki yang bernama lengkap Tony Waluyo Sukmoasih, saat masih kecil ketika di masa itu ia memiliki teman-teman dengan latar belakang agama yang berbeda-beda tapi tetap bisa hidup rukun dan saling menerima.

"Kalau sekarang malah jadi sering (bertengkar). Ada SARA, berantem, bahkan yang sepaham malah bertengkar. Orang harus lebih belajar dari pendahulu kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Tony menjelaskan bahwa lirik yang terdapat pada lagu tersebut hanya sebagai sebuah penyadaran yang menitikberatkan pada poin kesyukuran kepada Tuhan.

Berikut penggalan lirik dalam lagu Haleluya, Alhamdulillah:

Tak bisa kita sangkal

Segala macam-macam perbedaan

Tak perlu lagi kita persoalkan tentang keyakinan

Hanya cinta kasih sayang

Yang harus terus kita buktikan

Karena ku yakin Tuhan ada di dalam diri kita

Karena ku yakin Tuhan hadir dalam nada-nada cinta



"Saya tidak mengangkat hal-hal yang menganaktirikan dalam bentuk SARA, tapi supaya orang sadar dalam warna-warni itu sendiri. Jadi enggak ada orang yang bisa membenarkan Tuhannya. Tuhan itu ada di mana-mana," ungkapnya.

Penulis: /FMB