Big Bang.
Boyband asal Korea yang mendunia.

Lima lelaki tampan dengan tubuh atletis dan memiliki kemampuan olah vokal yang mumpuni serta gerakan tari yang begitu memukau bergabung dalam sebuah kelompok boyband, tentu membuat setiap penampilannya menjadi istimewa. Boyband itu bernama Big Bang.

Meski di bayang-bayangi kesuksesan boyband Super Junior yang terlebih dahulu "curi start" memulai debut mereka, namun tidak membuat para personel Big Bang kehilangan selera untuk membuat sebuah kejutan. Hasilnya, kelima personel Big Bang naungan YG Entertainment, yang memulai debutnya di tahun 2006 itu, dapat menembus pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Sebelum Big Bang terbentuk dan menjadi salah satu boyband asal Korea yang mendunia, para personelnya sudah terlebih dahulu sukses di industri hiburan. Racikan yang apik dari YG Entertainment sebagai salah satu agensi bertangan dingin, menjadikan lima lelaki itu meraih popularitas dan prestasi yang tak diragukan lagi.

Bermula dari duet G-Dragon dan Taeyang yang bergabung di YG Entertainment dengan nama GDYB. Saat itu usia keduanya masih 12 tahun. Top dikenal sebagai seorang rapper dan Seungri dikenal dengan kelompok tarinya yang bernama Ilhwa. Hanya satu personel yang tidak diketahui pasti kariernya, yakni Daesung.


Kisah sebelum dinamakan Big Bang

Di awal rencana pembentukannya, sejumlah nama pernah diusulkan untuk menjadi ikon lima personel yang berhasil disatukan. Ada Apex, Stump dan Diamond. Namun akhirnya setelah melalui pemikiran yang matang, dipilihlah nama Big Bang.

Pada awalnya, personel Big Bang terdiri dari enam orang. Namun Jang Hyun Seung akhirnya memilih untuk bergabung dengan grup BEAST/B2ST. Debut pertama Big Bang dilakukan pada 19 Agustus 2006 di Arena Senang, Seoul Olimpic Park memperkenalkan single Big Bang dengan lagu We Belong Together, Nunmulppunin Babo dan This Love.

Saat ini personel Big Bang terdiri dari G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung, dan Seungri.

Single pertama tersebut langsung laris manis di pasaran, disusul kemudian single kedua VIP yang dirilis September 2006 yang meraih angka penjualan lebih dari 32 ribu kopi. Single ketiga pun memperoleh kesuksesan yang akhirnya mengantarkan Big Bang mengeluarkan nama fans club resmi yakni VIP. Hal tersebut juga dikarenakan Big Bang sudah memiliki penggemar fanatik. 

Tidak lama berselang dari debutnya, Desember 2006, Big Bang mengadakan konser pertamanya, "The Concert Royal", dan sukses besar.


Ikon dan Penghargaan internasional

Era K-Pop memang tengah melanda dunia. Para penggemar boyband asal Korea menjadikan mereka ikon baru di dunia musik. Tidak hanya jenis musiknya yang ternyata diminati sejumlah masyarakat di dunia, namun gaya busana dan penampilan mereka pun kini menjadi tren yang dianggap patut ditiru.

Seperti halnya Big Bang, gaya busana mereka pun menjadi berpengaruh terhadap para remaja di dunia, khususnya negara-negara Asia Timur dan Tenggara.

Big Bang memang tidak hanya dikenal dalam karier bermusiknya saja namun dalam hal fesyen. Bahkan para personel Big Bang tidak hanya terlatih untuk menciptakan lagu, namun bertanggung jawab terhadap produksi diskografi. Artinya, di tangan mereka pulalah rancangan tarian disusun setiap berada di atas panggung.

Prestasi yang mengkilat kini menyertai perjalanan karier Big Bang. Boyband ini menjadi artis Asia pertama yang berhasil memenangkan predikat yang terbaik di industri musik dunia dalam ajang MTV Europe Music Awards 2011 dan merupakan boyband paling berpengaruh di Korea.

Penulis: /FMB

Sumber:Dari berbagai sumber