Sylvia Kristel semasa hidup. (Foto: AFP)
Sejumlah filmnya adalah film erotis.

Sylvia Kristel, artis asal Belanda yang populer di tahun 1970-an dengan film erotis Emmanuelle, telah meninggal karena kanker pada usia 60.

Agennya, Features Creative Management mengungkapkan kabar duka tersebut dalam sebuah pernyataan hari ini. Krister telah meninggal Rabu malam saat tidur. Kristel adalah seorang model yang beralih ke akting di tahun 1970, diketahui menderita kanker selama beberapa tahun terakhir.

Emanuelle menjadi sebuah terobosan film erotis di tahun 1974. Film tersebut dibesut Hanya Jaeckin, sutradara asal Prancis. Mengisahkan tentang petualangan seksual seorang lelaki dan istrinya yang diperankan Kristel. Syuting dilangsungkan di Thailand.

Kristel kemudian kembali membintangi beberapa sekuel Emmanuelle serta sejumlah film Hollywood, termasuk Les Privat di tahun 1981.

Saat berada di Hollywood, dirinya tenggelam ke dalam dunia minuman dan obat-obatan terlarang.

"Saya berharap dapat melewati kehidupan saya yang kelam," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Belanda, De Volkkrant  tahun 2005.

Agennya menggambarkan, Kristel merupakan bintang film besar Belanda dengan lebih dari 50 film internasional yang diperankannya.

Sejumlah filmnya adalah film erotis, seperti tahun 1981, berjudul Lady Chatterley's Lover yang diambil dari novel karya D.H. Lawrence dam Mata Hari, empat tahun kemudian.

Ia pernah meraih hadiah khusus dari para juri di Festival Film Tribeca untuk film pendek animasi yang disutradarainya berjudul Topor et Moi.

Jaeckin, sutradara dan seniman asal Paris melalui telepon mengungkapkan kesedihannya. Ia berkisah jika dirinya masih berkomunikasi dengan Kristel dan saling berhubungan setiap tiga sampai empat bulan. Namun sejak Februari, dirinya belum lagi berkomunikasi dengan Kristel.

"Saya sangat sedih, dia sudah seperti adik," ujar Jaeckin.

"Kami memulai bersama-sama, dengan Emmanuelle kami menjadi besar," imbuhnya.

Kristel meninggalkan seorang pasangan bernama Peter Brul dan seorang anak dari pernikahannya dengan Claus, yakni Arthur Kristel. Rencananya Kristel akan dimakamkan di sebuah pemakaman pribadi.

Penulis: /FMB

Sumber:huffingtonpost.com