Salah satu adegan dalam drama kolosal The Great Seer
Menelan dana USD180 juta, termasuk dana USD32 juta untuk membangun set luar ruangan.

Setelah To The Beautiful You tamat, saluran TV berlangganan khusus tayangan KPop dan KDrama terkini, ONE, menghadirkan serial drama kolosal The Greet Seer tiap Rabu dan Kamis, pukul 19.55 WIB mulai 7 November mendatang, selang beberapa pekan dari penayangan di Korea.

The Great Seer merupakan sebuah kisah fiksi pada masa pemerintahan raja King Gongnim dari dinasti Goryeo, tentang intrik politik dan peperangan yang berujung pada berakhirnya kekuasaan dinasti Goryeo dan dimulainya kekuasaan dinasti Joseon yang membuka lembaran baru bagi masa depan Korea.

Dikisahkan, Mok Ji-sang (Ji Sung, Protect The Boss) adalah pria berkemampuan supranatural yang ahli membaca Feng Shui, geografi, wajah dan takdir.

Ia Membantu perjuangan Jenderal Yi Sung Kye (Ji Jin Hee, Yes Captain!), Ji-sang menjadi tokoh kunci dalam upaya penggulingan dinasti Goryeo dan pengangkatan sang Jenderal sebagai Raja baru yang menandakan lahirnya kekuasaan baru dinasti Joseon.

Bukan hanya intrik politik dan kekuasaan, serial ini juga diwarnai kisah cinta antara Ji-sang dan tabib perempuan Hae-in (Kim So-yeon: Iris, Dr Champ) yang seharusnya menikah dengan Jenderal Yo tapi jatuh cinta dengan Ji-sang.

Ada juga persaingan antara Ji-sang dengan penasihat raja lainnya: Lee Jang Geun (Song Chang-ui, Life is Beautiful, Golden Bride). Ada juga sosok Ban-ya (Lee Yoon-ji: Goong, Dream High, The King 2 Hearts) - perempuan penghibur yang menjadi selir penasihat raja King Gongmin, dan anaknya diangkat oleh sang raja yang kemudian digulingkan Jenderal Yi dengan bantuan Ji-sang. Tak ketinggalan, Son Saeun – personel A Pink, yang berperan sebagai Hae-in muda.

Baik Jisung maupun Ji Ji Hee membuktikan kualitas akting mereka di serial ini. Berbeda dengan perannya di Protect The Boss yang kekanak-kanakan, Jisung tampil sebagai Mok Ji-sang yang serius, misterius  dan penuh karakter. Sementara, Ji Jin Hee bermain sebagai Yi Sung Kye yang penuh kharisma serta cerdas menciptakan taktik militer dan tangguh dalam peperangan.

Jisung mengaku dapat banyak pelajaran dari perannya di The Great Seer.

“Saya suka karakternya karena ia sosok pemberi semangat, penuh cinta dan perhatian. Saya merasa harus belajar banyak dari sosok Ji-sang,” kata Jisung.

Jisung juga kagum dengan kualitas akting Ji Jin Hee.

“Saat bermain dengannya, saya seperti jatuh cinta karena kagum. Matanya bersinar sepanjang berakting. Mungkin perasaan ini yang dirasakan Ji-sang terhadap Yi Sung Kye,” tutur Jisung.

Bagi Jisung, hal yang mengesankan dari serial ini tidak hanya pada alur kisah yang memikat tapi pada kualitas produksinya.

“Kami harus melakukan pengambilan gambar berulang-ulang untuk mencapai hasil yang memuaskan,” beber Jisung.

Walau di serial-serial sebelumnya Jisung pernah bekerja sama dengan nama-nama besar seperti Jae Joong, ia merasa bangga terlibat dalam The Greet Seer yang disiapkan untuk 36 episode ini. Di sini, ia bekerja dalam arahan sutradara Lee Yong Suk, otak di balik Iljimae-nya Lee Jun Ki, selain itu, The Great Seer adalah salah satu serial dengan proses produksi yang terkompleks di Korea saat ini.

Dibutuhkan riset dan persiapan yang mendalam dan mendetil hingga menelan dana USD180 juta, termasuk dana USD32 juta untuk membangun set luar ruangan. Semua upaya itu terbayarkan dengan mengalirnya pujian para kritikus dan media tentang kualitas produksi serial ini.

Tampilan kostum orang dari berbagai tingkat sosial mulai dari masyarakat, pejuang, bangsawan hingga para raja, baik di era dinasti Goryeo dan Joseon, disajikan dengan apik dan disesuaikan untuk menonjolkan karakter tokoh-tokohnya. Aksi laganya dijamin menghadirkan ketegangan dan rasa mencekam, seperti saat pertarungan, pengejaran dan peperangan hingga aksi pasukan berkuda.

Para seniman grafis komputer juga berhasil mewujudkan pemandangan indah Korea di era dinasti Goryeo dan Joseong yang memukau dan membawa pemirsa berfantasi melintasi waktu.

Selain itu, riset tentang Feng Shui dilakukan tim produksi, karena Raja Yi Sung Kye membangun kerajaan berdasarkan prinsip-prinsip Feng Shui. Istilah-istilah Feng Shui pun banyak dihadirkan dalam dialog para tokohnya, sehingga para aktornya, termasuk Ji Sung, diberikan pelajaran khusus tentang Feng Shui untuk menghayati perannya ini.

Penulis: /FMB