Agnes Monica saat membuka Global Youth Forum 2012 di Bali.
"Dream, believe, and make it happen!"

Bali kedatangan tamu sebanyak enam ratus pemimpin muda, perwakilan pemerintah, badan-badan yang berada di bawah naungan PBB,  serta organisasi nonpemerintah dan sektor swasta.

Mereka berkumpul sejak hari ini (4/12) hingga 6 Desember 2012 mendatang untuk membahas berbagai isu internasional adalam acara ICPD "Global Youth Forum".

Artis cantik yang sarat akan prestasi, Agnes Monica, dipercaya untuk membuka acara akbar tersebut. Acara itu juga dihadiri Menko Kesra RI Agung Laksono, Eksekutif Direktur UNFPA Dr Babatunde Osotimehin, Co Chairs of The International Steering Committe Rishita Nandagiri dan Rinaldi Ridwan. Tampak pula United Nations Resident Coordinator, El-Mostafa Benlamih.

Ajang tersebut diadakan Pemerintah Indonesia melalui BKKBN dan Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bansa (UNFA). Forum yang diperuntukkan bagi pemuda ini akan mendefinisikan agenda PBB di masa depan untuk 43 persen penduduk dunia yang saat ini berusia di bawah 25 tahun.

Artis multitalenta Indonesia yang kini tengah merintis karir internasionalnya, Agnes Monica, turut menyampaikan pendapatnya pada pada upacara pembukaan "Global Youth Forum 2012".

“Bahkan sebuah mukjizat tidak akan pernah dinyatakan sebuah mukjizat, bila kita dari awal telah mempercayai hal itu. Jadi, percayalah pada sesuatu yang mustahil dan yakinlah, mungkin anda akan mengalami sebuah mukjizat. Karena kita semua harus tahu, bahkan seorang Helen Keller tidak akan menjadi sehebat itu bila ia tidaklah bisu dan juga tuli. Maka, berusahalah meskipun memiliki berbagai keterbatasan,” tutur Agnes di atas panggung.

"Pemuda yang memiliki sebuah mimpi berbeda dengan orang lain seringkali dibilang aneh oleh lingkungan di sekitarnya. Namun sebenarnya hal itu adalah bagian penting dalam membangun diri. Dengan bermimpi besar, kita akan meraih sebuah pencapaian yang lebih besar juga. Misalnya ketika dulu saya bermimpi untuk Go International, banyak orang yang menganggap saya sedikit angkuh. Namun Ibu saya selalu mengingatkan bahwa mereka yang akan menjadi pemenang adalah mereka yang bisa keluar dari masalahnya. Dream, believe, and make it happen! Hal inilah yang selalu saya jadikan kunci untuk menjadi lebih baik meskipun banyak orang yang tidak menyukainya,” imbuh Agnes panjang lebar yang disabut tepukan tangan meriah para hadiri.

Global Youth Forum adalah konferensi internasional pertama sebagai bagian dari International Conference on Population and Development (ICDP) Beyond 2014. Forum ini juga akan menampung suara dari para pemuda berusia di bawah 25 tahun yang akan menjadi agenda pembangunan PBB. Global Youth Forum mengusung lima tema besar yang akan dibahas. Antara lain kesehatan untuk semua, pendidikan, karier, seksual, dan pengembangan kapasitas pemimpin muda.

Penulis: