Raffi Ahmad
Partai Amanat Nasional (PAN) tampaknya akan mempertahankan diri sebagai partai politik (parpol) perekrut artis sebagai calon legislatif (caleg) seperti yang dilakukan di Pemilu 2014 lalu.
 
Sekjen PAN Taufik Kurniawan mengatakan, setidaknya ada lima nama artis yang sudah mendaftar untuk jadi caleg PAN di 2014, termasuk artis dan presenter Raffi Ahmad.
 
"Sejauh ini yang sudah terdaftar ada Marissa Haque, Ikang Fawzi, Hengky Kurniawan, Lucky Hamzah, dan Raffi Ahmad. Prinsipnya kita menempatkan artis itu seperti bakal caleg yang lain," kata Taufik di Jakarta, Senin (21/1).
 
Ditegaskan Taufik, pihaknya akan memperlakukan para artis itu sebagai calon politisi yang takkan diperlakukan khusus layaknya artis tenar.  Tentunya, PAN juga tak memungkiri bahwa para artis itu punya kelebihan dalam hal popularitas.
 
"Ini kembali kepada bagaimana kerja politik mereka semua nantinya," ujarnya.
 
Pada prinsipnya, imbuh Taufik, PAN menggunakan dua jalur untuk mencari caleg, yakni jalur kader dan non kader.
 
"Pastinya semua bakal caleg diberlakukan sama. Nanti digodok dan diverifikasi terkait rekam jejak dan proses pelatihan kader," ujar Taufik yang juga Wakil Ketua DPR itu.
 
Satu catatan lagi, lanjutnya, sesuai arahan Ketua Umum Hatta Radjasa, PAN tidak memungut uang sepeser pun uang dari para bakal caleg.  "Gratis," ujarnya.

Penulis: