Akting Soo Ae dalam King of Ambition
“Belum ada serial yang menjadikan Ibu Negara sebagai tokoh sentralnya, saya merasa sangat tertekan, namun akan berupaya sekuat mungkin untuk melakukan yang terbaik".

Sukses memerankan agen ganda di serial Athena: Goddess of War dan gadis amnesia di serial  A Thousand Days Promise, Anda bisa kembali menikmati akting mengesankan dari Park Soo Ae dalam drama terbarunya, King of Ambition (Queen of Ambition). 

Di serial yang tayang tiap Senin dan Selasa pukul 19.55 WIB di ONE, saluran televisi berlangganan khusus tayangan hiburan Korea, ia memerankan tokoh Joo Da Hae, seorang perempuan yang terlahir miskin dan mau melakukan apa saja untuk lepas dari kemiskinan, bahkan berambisi menjadi Ibu Negara (istri Presiden) Korea Selatan.

Ambisi itu membuat Da Hae membabi-buta melakukan segala cara agar tujuannya tercapai, mengorbankan banyak hal, termasuk orang-orang yang dicintai dan mencintainya. Dua lelaki yang mencintainya adalah Ha Ryu (diperankan Kwon Sang Woo), lelaki yang mau melakukan apa saja, termasuk bekerja menjadi gigolo untuk membiayai sekolah Da Hae – dan Baek Do Hoon (diperankan leader TVXQ ‘U-Know' Jung Yunho) - seorang anak pengusaha kaya yang cinta mati padanya.

“Jika orang seperti dia benar-benar nyata, saya sangat menyambutnya ke dalam hidup saya,” ujarnya Saat ditanya apakah yang akan dilakukannya jika bertemu orang seperti Ha Ryu.  

Tapi kalau disuruh memilih diantara dua lawan mainnya yang tampan, Kwon Sang Woo dan Yunho, Soo Ae menjawa,"Saya akan memilih Yunho karena itu lebih baik daripada saya memilih seorang lelaki yang sudah menikah. 

Dalam serial drama penuh laga garapan para produser The Chaser dan penulis naskah Rooftop Prince ini, ada banyak adegan aksi dan dramatis dalam perjuangan Da Hae dan saat ia telah berhasil menjadi Istri Presiden Korea Selatan. Soo Ae mengaku merasa tertekan dengan tuntutan perannya. 

“Belum ada serial yang menjadikan Ibu Negara sebagai tokoh sentralnya, saya merasa sangat tertekan, namun akan berupaya sekuat mungkin untuk melakukan yang terbaik,” katanya.

Namun, Soo Ae mengaku mendapat banyak dukungan dan bantuan dari Kwon Sang Woo. 

"Ini karakter yang mengharuskan saya benar-benar fokus mempelajarinya sehingga terkesan berat, tapi Kwon Sang Woo begitu banyak membantu dan memberikan solusi bagi saya dan saya merasa sangat nyaman. Sangat menyenangkan bekerja dan beradu akting bersama Kwon Sang Woo, saya percaya dengan kemampuannya sebagai co-star," ujarnya panjang lebar.

“Saya menyukainya. Saya rasa adegan itu akan menjadi scene yang paling diingat,” ujar Soo Ae saat ditanya soal adegan mesra dengan lawan mainnya.

Tidak hanya berkat dukungan Kwon Sang Woo, kepiawaian Soo Ae memainkan tokoh Yoon Na Ri ternyata tidak lepas dari sedikit kemiripan dengan karakter yang diperankannya ini. Pasalnya seperti juga Na Ri, Soo Ae dibesarkan dari keluarga miskin. Ayahnya tukang reparasi sepatu dengan pendapatan alakadarnya. Sejak kecil, ia bermimpi menjadi penyanyi ternama saat tumbuh dewasa, namun, ia tidak bisa mengembangkan bakatnya. 

Bahkan, karena keterbatasan dana dan permasalahan finansial keluarga, Soo Ae tidak bisa meneruskan sekolah ke perguruan tinggi dan hanya bisa mengenyam pendidikan hingga Sekolah Menengah Kejuruan. 

Menyadari daya tarik wajahnya, serta keinginannya untuk mandiri, ia pun menjalani pekerjaan sebagai model paruh waktu di sejumlah majalah fesyen sampai suatu hari takdir mempertemukan Soo Ae dengan Jung Young Bum dari Star J Entertainment. Bakat dan kecantikan alami yang terpancar dari wajah sendu dan misteriusnya membuat Young Bum terpikat. Ia pun langsung direkrut sebagai salah satu talent di agensinya.

Sejak itu, mereka berdua bekerja sama dan menjalani tahun demi tahun yang penuh liku serta suka duka. 

Saat memulai debut akting, ada yang menganggap Soo Ae memiliki imej perempuan manis dan baik-baik dengan gigi caling, hidung pesek, dan gaya konservatif meski ada juga yang menganggap matanya yang tidak berkelopak lebih menarik dari wajah hasil operasi plastik.

Namun, Young Bum berhasil meningkatkan imej Soo Ae dengan menjadikan aktris legendaris tahun 70an, Jung Yoon Hee,  sebagai panutan. Soo Ae pun bertransformasi, terlihat lebih dewasa dan semakin memesona setelah ia menurunkan berat badan dan meratakan giginya. Gaya rambutnya pun berubah untuk menonjolkan dahi bulatnya. Upaya transformasi ini membuahkan hasil. 

Soo Ae langsung mendapat berbagai tawaran peran. Ia ambil peran di The First Love lalu muncul di The Maengs' Golden Era, kemudian dikenal luas setelah tampil dalam serial Love Letter yang dibintangi Jo Jae Hyun dan Ji Jin Hee. Namun, Soo-Ae mendapat lebih banyak sorotan dan pujian saat berjalan dan berpose di karpet merah acara-acara hiburan dan glamor dibandingkan penampilannya di serial-serial. 

Gaya fashionnya sangat elegan sehingga ada julukan “Dress Soo Ae”, Gaun Soo Ae atau Bergaya Sangat/Seperti Soo Ae.

Setelah tampil di sejumlah serial dan film, tepat di tahun ke-10 karier aktingnya, Soo Ae mendapat karakter menantang dan jauh berbeda dari peran-peran sebelumnya yang lugu dan lemah lembut. Ia memerankan penyiar radio dan ibu seorang anak dalam film Midnight FM yang berkarakter kuat, agresif dan tidak kenal lelah atau takut demi menyelamatkan anaknya, bahkan, tak gentar menghadapi seorang pembunuh.

Atas perannya ini, Soo Ae mendapat pujian para kritikus dan sejumlah penghargaan, termasuk Blue Dragon Awards. 

Kemampuan aktingnya pun makin bersinar saat ia tampil sebagai agen ganda yang berdarah dingin di Athena: Goddess of War, hingga ia dijuluki ‘Knee-kick Soo Ae‘ atau “Soo Ae Si Jago Tendangan Lutut”. Setelah beberapa kali memerankan sosok perempuan kuat, Soo-Ae kembali bermain dalam serial berbagai genre, mulai dari drama romantis, melodrama, laga dan thriller. Yang paling ngetop baru-baru ini dan menjadi puncak kariernya selama ini adalah serial A Thousand Days' Promise  - kisah tentang perempuan yang menderita Alzheimer yang menguras air mata para penonton, dan mengantarkannya untuk memenangkan penghargaan ‘Top Ten Stars Award' dan ‘Top Excellence Award, Special Production, Actress' dari 2011 SBS Drama Awards.

Tertantang untuk memerankan seseorang yang terjerumus dalam jeratan ambisi dan tak kuasa menahan haus akan kekuasaan dalam King of Ambition, Soo Ae menerima tawaran untuk memerankan sosok Da Hae, dimana ia bertransisi dari gadis miskin nan lugu menjadi Ibu Negara yang muda namun penuh misteri dan intrik, sesuatu yang belum pernah ditayangkan sebelumnya di layar kaca.

Penulis: /FMB