Para pendukung pentas Hanoman The Ultimate Warior saat jumpa pers

"Ini berawal dari keprihatinan pelestarian wayang orang".

 

Jakarta - Drama Sinema MSP siap menyuguhkan kembali pagelaran yang mengangkat nilai budaya dan tradisi tanah air lewat pertunjukan modern yang diberi tema 'Hanoman The Musical'.

 

Kali ini, Mirwan Suwarso selaku penggagas menggandeng Djarum Apresiasi Budaya dan E-motion Entertainment untuk mendukung pertunjukan keempatnya setelah Jabang Tetuko (2011), Gatotkaca Jadi Raja (2012), Arjuna Wiwaha (2012) dan Gatotkaca Kembar - The Evil Within (2012).

 

Hanoman The Musical dinilai menjadi suguhan yang istimewa dan berkelas karena didukung oleh sejumlah seniman papan atas dari dalam dan luar negeri, seperti Volland Humonggio, Aqi Alexa, Anji, Piyu, Ki Dalang Sambowo kelompok wayang Orang Bharata, serta pemenang ajang Indonesia Mencari Bakat 2 yaitu Uma Tobing.

 

Untuk seniman mancanegara, MSP Entertainment menggandeng nama-nama besar yang sudah berpengalaman dalam berkiprah di dunia teater musikal Amerika Serikat seperti Sydney James Harcourt (The Lion King New York), Daniel Torres (Andrew Llyod Webber's Evita) Brian Justin Crumb (Mamma Mia!), Max Morgan (musisi asal Inggris yang juga telah bermain di beberapa karya drama sinema MSP) serta pemenang Hollywood Artist in Music Award 2013: Laura Vall (personel grup band The Controversy).

 

"Ini berawal dari keprihatinan pelestarian wayang orang. Mirwan datang dengan konsep menarik, pagelaran drama sinema sehingga bisa lebih diterima," ujar Renitasari selaku perwakilan dari Djarum Budaya Foundation ketika dijumpai di kawasan Senayan hari ini.

 

Hanoman The Musical yang akan menggabungkan drama, tarian, nyanyian, serta gerakan-gerakan beladiri ini akan tampil dalam rangkaian tur Amerika, Eropa dan Australia di pertengahan tahun 2013 serta awal tahun 2014.

 

24 Juli 2013 mereka akan mulai tur di kawasan Amerika Utara (San Jose Seattle & Anaheim, Houston, Tampa & Miami serta Monterrey, Meksiko). Di bulan Oktober, tur Eropa akan dilakukan di kota Milan, Italia dan Monte Carlo, Monako. Lalu pada bulan April 2014 tur Australia akan digelar di Sidney dan Melbourne.

 

Mirwan Suwarso selaku produser dan sutradara Hanoman The Musical menjelaskan tur tersebut tidak masuk dalam agenda misi budaya yang bisa disaksikan secara gratis. Tim MSP Entertainment nantinya akan bersaing dengan sejumlah permainan teater musikal yang mendunia seperti Mamma Mia!, Spiderman, ataupun Lion King.

 

"Kalau seminggu enggak laku, kita akan diganti," ujarnya.

 

Di luar negeri, Mirwan akan menggunakan tajuk Tales of Heroes dengan alasan supaya menarik minat penonton di Amerika dan Eropa. Namun sebelum mereka memulai tur tersebut, pertunjukan ini akan digelar terlebih dulu di Jakarta pada tanggal 23 Februari 2013 dan mengambil tempat di Tennis Indoor Senayan.

 

"Konsepnya enggak akan jauh dari sebelumnya. Semua eksperimen yang berhasil kita akan tampilkan. Durasinya akan lebih panjang, kita akan tampilkan 11 lagu. Sebelumnya hanya tiga lagu," tambah Mirwan.

 

Premiere Hanoman The Musical nantinya akan dipertontonkan sebanyak dua kali, yaitu pada pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB. Harga tiket yang disediakan mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000 dapat dipesan lewat situs resmi mereka di www.HanomanTheMusical.com

Penulis: Yanuar Rahman