Joko Widodo

Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 sudah dekat, tinggal setahun lagi. Sejumlah nama-nama yang bakal menjadi bakal calon presiden (capres) sudah lama beredar di masyarakat.

Misalnya Megawati Soekarnoputri, Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto dan yang lain. Namun, yang selama ini belum pernah disebut adalah Gubenur DKI Jakarta saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Hasil Survei Pusat Data Bersatu (PDB) yang digelar 3-18 Januari 2013 menyebutkan Jokowi menjadi bakal capres paling populer saat ini. Jokowi mengalahkan popularitas dari para tokoh yang selama ini disebut.

"Jika pemilu dilakukan sekarang, Jokowi yang terpilih sebagai presiden. Popularitasnya mengalahkan nama-nama yang selama ini ada," kata Ketua PDB Didik J Rachbini di Jakarta, Rabu (6/2).

Ia menjelaskan survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 30 provinsi dan 95 kabupaten/kota. Usia minimum responden 17 tahun dengan tingkat kesalahan (margin of error) 2,8 persen. Survei dengan mewawancarai langsung 10 responden di setiap kelurahan atau desa.

Didik mengemukakan, hasil survei untuk 33 tokoh potensial yang menjadi bakal capres, Jokowi menempati posisi paling atas yaitu 21,2 persen. Peringkat kedua, Prabowo Subianto 17,1 persen. Selanjutnya Megawati 11,5 persen, Rhoma Irama 10,4 persen, Aburizal Bakrie 9,7 persen, dan Jusuf Kalla 7,1 persen.

Hasil yang sama juga terjadi untuk 13 tokoh potensial menjadi bakal capres. Jokowi mengantongi 21,2 persen, Prabowo 18,4 persen, Megawati 13,0 persen, Rhoma Irama 10,4 persen, dan Aburizal Bakrie 9,3 persen.

Selain menempati posisi paling atas untuk bakal capres, Jokowi juga tokoh paling atas untuk bakal calon wakil presiden (cawapres). Jokowi mendapat dukungan 16,6 persen responden, Prabowo 9,8 persen, Jusuf Kalla 8,5 persen dan Rhoma Irama 7,3 persen.

Suara Pembaruan

Penulis: /WBP

Sumber:Suara Pembaruan