Irjen M Iriawan.

Kapolda: Kasus Dugaan Makar Rachmawati Tetap Jalan

Irjen M Iriawan. (Antara)

Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menegaskan, kasus dugaan upaya makar yang diduga dilakukan Rachmawati Soekarno Putri terus berjalan kendati yang bersangkutan telah mengadu ke DPR RI. Sebab, penyidik memiliki bukti-bukti mengenai kasus tersebut.

"Pertama kasus tetap jalan. Itu hak ibu Rachmawati untuk ke DPR. DPR itu wakil rakyat. Ketiga adalah aliran dana ada. Kita punya bukti," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/1).

Dikatakannya, tidak ada masalah kalau tersangka tidak mengakui apa yang dilakukannya.

"Bila tersangka bilang tidak, tidak masalah. Keterangan tersangka tak kita butuhkan. Ada saksi, ada surat, ada bukti, ada petunjuk. Kami sudah penuhi bukti-bukti permulaan yang cukup. Jadi kita tetap jalan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, adalah tugas DPR untuk mengakomodir apa yang menjadi permasalahan rakyat. "Ya boleh itu kan tugas DPR untuk mengakomodir yang disampaikan rakyat," katanya.

Diketahui, Rachmawati bersama Ahmad Dhani, M Hatta Taliwang, dan Kivlan Zein, menyambangi DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/1) kemarin. Mereka pun diterima langsung Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Supratman Andi Agtas, dan Wenny Warrouw.

Pada pertemuan itu, Rachmawati berkisah tentang penangkapan dirinya terkait kasus dugaan upaya makar, tanggal 2 Desember 2016 lalu.

Menurutnya, kasus ini sudah by design untuk memecah belah bangsa. Karena itu ia meminta kepada pimpinan DPR agar kasus ini tidak berlanjut, dan dikeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3).



Bayu Marhaenjati/YUD

BeritaSatu.com