Dijerat Tiga Pasal Kasus Asusila, Gatot Brajamusti Ajukan Eksepsi

Gatot Brajamusti (kiri) bersama kuasa hukum. (Istimewa)

Oleh: Chairul Fikri / CAH | Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:30 WIB

Jakarta - Sidang perdana kasus dugaan pelecehan sekual yang menyeret nama Gatot Brajamusti digelar di Pengadilan Jakarta Selatan, Kamis (12/10). Jaksa Penuntut Umum dalam sidang kali ini membacakan dakwaan atas kasus tindakan asusila yang dilakukan Gatot di tahun 2007 dengan seorang wanita berinisial CT. JPU menuntut Gatot dengan tuntutan dalam tiga pasal, yang berada dalam Undang-undang hukum anak.

"Dakwaannya kita ini tiga pasal. Yang disangkakan itu Pasal 81 ayat 2 UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Pasal 64 ayat 1 KUHP. Ancaman 15 tahun dengan denda maksimal Rp 1 Miliar, dan dia tadi membantah isi dakwaan kami. Isinya terdakwa Gatot tidak benar, majelis hakim menyarankan eksepsi, dan kami siap dengan eksepsi yang mungkin diajukan terdakwa," ungkap Hadiman selaku Jaksa Penuntut Umum yang ditemui usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Keberatan dengan dakwaan JPU, Gatot Brajamusti yang diwakili oleh kuasa hukumnya Novianto Rahmantyo mengaku akan mengajukan eksepsi yang akan di ajukan dalam persidangan minggu depan.

"Tadi kami ini baru saja selesai agenda sidang pertama Aa Gatot untuk perkara yang lain yakni asusila dengan agendanya dakwaan. Tadi kami di dalam juga sudah mengajukan keberatan terhadap dakwaan yang ada," tutur Novianto.

"Loh sekarang kita logikanya itu, di mana pelecehan seksualnya? Kalau misalkan saya dengan pasangan saya melakukan satu, dua, tiga kali hubungan, sebetulnya itu tidak ada pelecehannya. Oleh karena itulah maka kami mengajukan keberatan, untuk mengajukan eksepsi minggu depan. Dakwaannya di Pasal 81 ayat dua sama Pasal 82 ayat satu, tentang perlindungan anak," tutur Achmad Rulyansyah selaku Tim Kuasa Hukum Gatot Brajamusti yang lain.

Sebelumnya, Gatot Brajamusti ditetapkan sebagai tersangka kasus tindakan asusila oleh Polda Metro Jaya pada 10 November 2016 lalu. Polisi menetapkan Gatot sebagai tersangka setelah diduga melakukan hubungan dengan wanita berinisial CT yang saat itu berusia 16 tahun.

Hubungan itu terjalin sejak tahun 2007. Dan dari hubungan itu CT diketahui mempunyai anak hasil hubungan tersebut.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT