Pengembalian Berkas Ratna Sarumpaet ke Jaksa Tunggu Pemeriksaan Saksi Lengkap

Pengembalian Berkas Ratna Sarumpaet ke Jaksa Tunggu Pemeriksaan Saksi Lengkap
Tersangka penyebaran berita bohong atau hoax Ratna Sarumpaet (kiri) dikawal petugas saat menjalani pemeriksaan di Dirkrimum Polda Metro jaya, Jakarta, 22 Oktober 2018. ( Foto: Antara / Reno Esnir )
Bayu Marhaenjati / BW Rabu, 5 Desember 2018 | 23:17 WIB

Jakarta- Penyidik Polda Metro Jaya akan kembali menyerahkan berkas perkara tersangka Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, setelah pemeriksaan saksi lengkap.

"Nanti akan dikirimkan kembali ke kejaksaan, seandainya penilaian dari penyidik dinyatakan (pemeriksaan) sudah lengkap," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu (5/12).

Diketahui, penyidik sebelumnya sudah memeriksa saksi Nanik S Deyang dan Rocky Gerung terkait penyebaran foto muka lebam Ratna Sarumpaet.

Menyoal apakah akan ada saksi-saksi lain yang akan diperiksa, Argo menuturkan, bergantung penyidik.

"Nanti kita menunggu dulu apakah dengan selesainya diperiksa pak RG (Rocky Gerung), apa sudah dinyatakan selesai atau tidak, nanti dari penyidik," ungkapnya.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, telah rampung menyusun berkas perkara tersangka Ratna Sarumpaet, terkait kasus penyebaran berita bohong atau hoax. Berkas perkara telah dikirimkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (8/11) lalu.

Pada berkas perkara tersebut, ada 32 berita acara pemeriksaan (BAP) dari tersangka, saksi-saksi, dan saksi ahli. Selain itu, terlampir juga 63 barang bukti terkait kasus dugaan berita bohong itu.

Namun, setelah menganalisa dan melakukan evaluasi pihak Kejati menilai berkas perkara Ratna Sarumpaet perlu diperbaiki atau dilengkapi (P19), sehingga dikembalikan kepada penyidik.

Salah satu petunjuk dari jaksa adalah meminta keterangan saksi Rocky Gerung dan Nanik S Deyang terkait beredarnya foto muka lebam Ratna.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE