Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji (kemeja putih), dikawal ketat petugas keamanan, di Bandung, Jawa Barat.

Jakarta - Kepolisian dan kejaksaan sedang diuji untuk menemukan mantan Kabareskrim Susno Duadji. Seperti diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) akhirnya menetapkan Susno ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Terpidana kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat itu sendiri sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

"Yang jelas dia (Susno) sudah menjadi buronan. Maka kita lihat sejauh mana keseriusan penegak hukum menemukan Susno, dan komitmen penegak hukum untuk memperlihatkan kesetaraan hukum kepada semuanya," kata anggota Komisi III DPR Taslim Chaniago di Jakarta, Selasa (30/4).

"Di sinilah ujian bagi polisi dan jaksa untuk memperlihatkan kepada masyarakat keseriusannya dan perlu diingat, jangan bodohi masyarakat," tegas politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Penetapan Susno sebagai buronan ini merupakan akibat berlarut-larutnya proses eksekusi. Susno disinyalir saat ini dalam perlindungan pihak kepolisian. "Susno selaku mantan Kabareskrim tentu banyak punya informasi kebobrokan polisi, itu menjadi senjata Susno untuk dapat perlindungan dari polisi," kata Taslim.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6/NAD

Sumber:Suara Pembaruan