Seorang petugas keamanan melintasi mobil mewah milik tersangka kasus pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah yang disita di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta

Jakarta - Orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah nampaknya selalu berurusan dengan perempuan cantik. Pasalnya, tersangka kasus dugaan suap dan pencucian uang terkait pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kementan) itu juga diketahui pernah membawa seorang perempuan cantik dari hotel ke hotel.

Hal tersebut diungkapkan mantan sopir Fathanah, bernama Syahruddin saat bersaksi dalam persidangan kasus suap pengurusan impor daging sapi untuk terdakwa Arya Abdi Effendy dan Juard Effendy di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (8/5).

"Waktu itu saya pernah diminta beliau (Ahmad Fathanah) antar temui perempuan di Hotel Kaisar. Ada perempuan seingat saya pakai baju biru. Setelah itu kami sama-sama menuju Hotel di Cikini," kata Syahruddin saat bersaksi.

Menurut Syahruddin, majikan dan perempuan cantik itu langsung masuk ke hotel yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat tersebut. Syahruddin sendiri mengaku hanya menunggu di dalam mobil tersebut.

"Saya gak kenal (perempuan yang dibawa Fathanah). Sampai di Cikini saya suruh tunggu," ujarnya.

Bahkan, Syahruddin mengakui disuruh berbohong oleh majikannya itu. "Beliau telepon saya, kalau ibu (istri Fathanah) menghubungi saya disuruh bilang kita ada di DPP PKS," ungkapnya.

Selang 40 menit kemudian, kata Syahruddin, Fathanah dan perempuan yang dibawanya tadi keluar dari hotel. Syahruddin kemudian mengantarkan perempuan itu ke daerah Rawamangun, Jakarta Timur, lalu mengantarkan Fathanah ke Depok.

Diketahui, dalam kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi, Fathanah diduga menerima pemberian hadiah atau janji terkait kepengurusan kuota impor daging sapi dari Juard dan Arya yang merupakan Direktur PT Indoguna Utama.

Selain itu, oleh KPK, Fathanah juga dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Fathanah dikenal sebagai orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. KPK juga menetapkan Luthfi sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Belakangan, Fathanah menjadi sorotan publik terkait perempuan-perempuan di sekitarnya. Mulai dari perempuan cantik bernama Maharany Suciyono yang ikut diamankan KPK karena sedang bersama Fathanah di Hotel Le Meridein saat operasi tangkap tangan.

Selain itu, Fathanah diduga membelikan hadiah berupa barang-barang mahal untuk beberapa perempuan-perempuan cantik yang dikenalnya. Salah satunya, model cantik Vitalia Shesya yang dibelikan Honda Jazz dan jam tangan mewah merek Chopard.

Ada juga gadis bernama Tri Kurnia Rahayu yang mengaku dibelikan Honda Freed, jam tangan Rolex, dan gelang mahal bermerek Hermes. Selain itu, KPK menemukan aliran uang Fathanah ke artis Ayu Azhari senilai Rp 50 juta dan US$1.800.

Uang tersebut diberikan sebagai pembayaran uang muka karena Ayu bersedia manggung di acara-acara terkait PKS yang ditawarkan Fathanah. Namun pekerjaan tersebut hingga saat ini belum terlaksana.

Investor Daily

Penulis: RIS/YUD

Sumber:Investor Daily