Suparman Marzuki Terpilih jadi Ketua KY

Suparman Marzuki Terpilih jadi Ketua KY
Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si ( Foto: komisiyudisial.go.id )
Erwin C Sihombing Selasa, 18 Juni 2013 | 11:57 WIB

Jakarta - Suparman Marzuki terpilih menjadi Ketua Komisi Yudisial (KY) periode 2013-2015, menggantikan Eman Suparman yang menolak meneruskan jabatannya sebagai Ketua. Suparman Marzuki yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi, meraih empat suara dalam mekanisme pemilihan voting, hari ini.

"Ketua terpilih Suparman Marzuki," kata Ketua Rapat Pleno Terbuka, Eman Suparman, di Jakarta, Selasa (18/6).

Dalam rapat pleno terbuka itu, ujar Eman, Suparman Marzuki mengungguli Taufiqurrohman Syahuri yang meraih dua suara, serta Imam Anshori Saleh yang mendapatkan satu suara. Rapat pleno ini mempersilakan para Komisioner KY untuk memilih dan dipilih.

"Artinya, Pak Suparman Marzuki mendapat empat suara," ujar Eman lagi.

Sementara untuk posisi Wakil Ketua KY, mendampingi Ketua KY yang baru, kini ditempati Abbas Said. Dia sebelumnya menjabat sebagai Komisioner KY bidang Pencegahan dan Pelayanan Masyarakat.

"Pada proses pemilihan wakil ketua, Taufiqurrohman Syahuri mendapatkan dua suara, Imam Anshori Saleh satu suara, dan Abbas Said mendapat empat suara. Artinya, wakil ketua terpilih (adalah) Abbas Said," kata Eman pula.

Disebutkan lagi, prosesi serah terima jabatan dari pimpinan yang lama kepada pimpinan KY yang baru sendiri akan dilakukan pada 1 Juli 2013.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE