Sosialisasi fidusia online

Jakarta - Fidusia online menjadi terobosan Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Lewat cara baru, pelayanan jasa hukum bidang fidusia diharapkan lebih cepat, akurat, dan bebas pungli dalam mengurus jaminan fidusia atas transaksi perikatan jual beli kendaraan bermotor.

Menurut Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia DKI Jakarta, Audy Murfi, pihaknya giat meningkatkan pelayanan fidusia atau pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan, secara online bagi seluruh masyarakat.

“Fidusia Online akan disosialisasikan di seluruh Indonesia. Kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan gambaran bahwa telah terjadi perubahan alur proses, dari manual proses menjadi online proses, sesuai dengan perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi,” jelasnya di Jakarta, Selasa (25/6).

Penggunaan sistem online ini dilakukan sebagai wujud dari pelaksanaan pasal 14 ayat 1 Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Fidusia, agar pelaksanaannya jadi efektif dan efisien. Dengan adanya sistem online, maka sertifikat jaminan fidusia dapat dicetak dalam waktu tujuh menit.

Sistem pendaftaran fidusia secara online telah memangkas waktu pendaftaran menjadi lebih singkat dibandingkan sebelumnya, yang dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan akibat sistem administrasi di Kantor Pendaftaran Fidusia yang bersifat manual.

Pendaftaran fidusia oleh perusahaan multifinance juga dapat memangkas biaya karena notaris hanya akan membebankan biaya pembuatan akte kepada perusahaan pembiayaan. Selama ini, biaya pendaftaran fidusia tidak standar bahkan menjadi mahal karena proses pendaftarannya yang membutuhkan banyak waktu dan melibatkan beberapa pihak.

Seiring dengan peralihan sistim pendaftaran jaminan fidusia dari sistim manual menjadi sistim online, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mengalami permintaan permohonan pendaftaran jaminan fidusia secara sigifikan.

"Rata-rata per hari sebelum diberlukakannya sistim fidusia online atau dengan cara pendaftaraan secara manual, Kanwil Kememkumhan DKI rata-rata di angka ratusan permohonan. Tapi setelah diberlakukannya sistim pendaftaran secara online, Kanwil menerima rata-rata ribuan permohonan setiap harinya," kata Audy.

Menurutnya, pendaftaraan fidusia secara online memotong birokrasi yang panjang pada sistim manual. Dalam proses pendaftaran fidusia secara online hanya membutuhkan waktu 7 menit, dibandingkan dengan sistim manual yang memakan waktu berhari-hari.

Walaupun sempat terkendala dengan terbakarnya sebagian gedung Direktorat Administrasi Hukum Umum yang menyebabkan beberapa server utama Ditjen AHU termasuk server yang berkerja untuk sistim pendaftaran secara online juga ikut terbakar, akan tetapi pelan tapi pasti Ditjen AHU sudah menggantikan dengan server yang paling canggih se-Asia Tenggara guna menunjang pendaftaran fidusia sistim online.

"Ditjen AHU sebagai payung hukum dan operator pendaftaran fidusia sistim online, sekarang tidak lagi mendapatkan masalah. Dan para notaris yang berwenang meng-upload data kreditur dan debitur untuk membuat akta jaminan fidusia pun sudah tersenyum kembali, karena lancarnya proses pendaftaran fidusia online," tutup dia.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15

Sumber:Suara Pembaruan